Hi mbak Maurina,

Mungkin memang ada hubungannya BAK Kezia yang sedikit (jarang) dengan
sedikitnya minum cairan.  Lagian, keluarnya cairan dari tubuh tidak saja
dari urine, juga dari keringat.

Apalagi kalau behaviornya Kezia tetap normal, dia nggak ngeluh sakit setiap
kali mau BAK (nggak punya perilaku 'kebelet' mau BAK, tapi urine yang keluar
sedikit itu pun sambil nahan nyeri, dll.), warna/bau urine-nya tetap normal.

Kecuali kalau kadang suka ngalamin demam tanpa batuk pilek, berat badan
nggak naik2 tanpa sebab jelas, resiko ISK bisa dipertimbangkan.
Test urine (rutin) memang nggak 'menyakitkan' buat anak2, tapi mungkin bisa
dilakukan kalau memang benar2 perlu.

Saya coba re-post info dari website www.kidshealth.org tentang ciri2 dari
ISK atau UTI ya, mbak (artikel lengkapnya bisa dibaca di link itu).

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SYMPTOMS OF UTIs (Urinary Tract Infection)
http://www.kidshealth.org/teen/infections/common/uti.html

(quoted) ...

Ada beberapa gejala yang menunjukkan indikasi ISK (Infeksi Saluran Kemih),
di antaranya:

  * sering pipis
  * nyeri (rasa tersengat) selama pipis
  * ingin BAK tapi hanya sedikit atau tidak ada urine yang keluar
  * nyeri di perut bagian bawah
  * nyeri di area atas tulang pubic (untuk wanita)
  * area dubur terasa 'penuh' (untuk pria)
  * urine bercampur darah atau berbau
  * demam
  * rasa lelah dan gemetar