Hallo
aku new comer ni, secara aku masih single, tapi pengen banget Sharing dan
minta saran soal kesehatan anak untuk ponakan aku.
Risgar, laki-laki umur 15 bulan seminggu kemarin opname di RS Aminah, Kreo,
Ciledug karena muntah dan panas tinggi. Diagnosa awal ke infeksi saluran
pencernaan, tapi lalu melalui tes urine kultur dokter melihat ada kelainan
yang mengarah ke Batu Ginjal. setelah 5 hari panasnya stabil, lab feses nya
juga normal, Risgar boleh pulang.
Tapi 3 hari kemudian panas tinggi lagi,dan opname lagi. Berdasarkan hasil
urine kultur sebelumnya lalu dokter minta untuk di lakukan semacam rontgen
BON IPV (mudah2an ga salah). dari hasil foto itu memang terlihat ada batu di
ginjalnya. Di ginjal kanan posisi batu nya sudah turun ke saluran kemih
hingga menyebabkan ada pembengkakan/infeksi /panas tinggi itu , suhunya
antara 38,4 sd 39.8 C. Di ginjal yang kiri posisi batunya masih di atas.
Risgar ga pernah kesulitan pipis , hanya 1 kali warna pipisnya agak keruh
kecoklatan tapi tidak terlalu pekat.
Rigar dirujuk ke spesialis Urologi dr.Amrizal Umran, SpBedah Urologi,masih
di RS Aminah, yang minta dilakukan VUR dengan posisi si anak itu berdiri dan
pipis (pipis disuruh gt) karena katanya dokternya mau lihat kerja katup
ginjalnya. Tapi rontgen dengan posisi ini ga bisa dilakukan karena anaknya
berontak , ga bisa berdiri diem sendiri apalagi harus sambil pipis. Obat
juga diberikan lewat Injeksi untuk membantu melarutkan batu nya, tapi kami
ga diinform nama obat injeksi nya apa.
Tapi kemudian perkembangan Risgar cenderung bagus karena di hari kedua
sampai kelima panasnya sudah stabil 35-36 C jadi di hari ke 5 Risgar sudah
boleh pulang/rawat jalan. Dia diresepkan obat minum dan kontrol lagi senin
depan, sorry belum tau juga nama obatnya karena dia baru aja siang tadi jam
12 dibolehin pulang sedangkan tante nya masih di kantor.
Kalo boleh minta saran & informasi mengenai kasus ini dan tindakan medis apa
yang kemungkinan diambil dokter, aku sudah coba sharing dengan dokter-dokter
di kantor (kebetulan aku kerja di perusahaan farmasi) dan kata mereka kasus
ini jarang sekali . Harus sampai di bedah / di sinar kah ?...mmm ESWL ya
namanya? Kalo mau cari 2nd opinion , Spesialis / RS yang bagus , ada saran
kah ?

Regards,
Rita