Mbak,

Kedua anakku bisa jalan usia 13 bulan lebih 1 minggu. :):)
memang kalau di kasur dia udah bisa lancar dan tidak takut.  Itu tandanya
dia sudah mengerti kalau jatuh di lantai itu sakit :):) berarti si kecil
udah pinter mbak..

Dulu salah satu trik aku.. ya aku ama papanya, jadi kita ajarin dia
berdua... biasanya anak akan lebih termotivasi. dan bisa dengan ajak ponakan
atau temen anak kita yang sudah jalan. biarkan mereka main bersama, nanti si
kecil akant ertarik buat jalan sendiri setelah liat temannya.

Trik ini berhasil buat Abel (sekrg ampir 3th). ketika itu dia udah setahun,
belum mau jalan sendiri, aku ajak kerumah temen yang anaknya seumuran dia,
udah bisa jalan udah bisa ngomong sedikit2. ternyata selang sebulan pas 13
bulan 1 minggu akhrinya Abel bisa jalan sendiri.

Jangan terlalu dipaksain juga, kita harus support dia, tunjukkan kalau
memang selalau appreciate dia ketika bisa berjalan. Nanti kalau udah berani
di lantai, pasti jalanya udah langsung cepet mbak.

semoga membantu