Ya tergantung anaknya banget. Ada juga yang udah dari 8 bulan dah berdiri,
rambatan, panjatan, tapi sampai 13 bulan belon berani jalan sendiri. Anak
saya nih, masih belum pede jalan sendiri, tapi kalo dititah, yg capek yg
nitah soalnya maunya lari mulu....ya udah, akhirnya dibiarin aja tuh di
lantai, mau merangkak rambatan atau yg lainnya. AKhirnya tadi pagi, usia 13
bulan lebih 6 hari, baru deh berani berdiri sendiri, biasanya kan masih
rambatan atau pegangan.

Prinsipnya gini aja, a baby will walk when she is ready, the baby will talk
when she is ready....
anak saya ngomongnya duluan, udah ngocehnya macem2, tapi jalannya
belakangan....beda2.

Usia belajar jalan, batesnya 18 bulan. Banyak juga yg baru berani jalan
lancar usia 2 tahun, adik ipar saya begitu, usia 1-2 tahun ngesot, tiba2
usia 2 tahun jalan sendiri. sekarang udah besar, tinggi banget malah, cewek
tapi 173 cm...hehehe, kalah deh saya yg bisa jalan usia 11 bulan, tapi
sekarang cuma 154 cm...xixixixixixi....