http://orinkeren.multiply.com/reviews

Category:       Books
Genre:  Biographies & Memoirs
Author: Tetsuko Kuroyanagi
Siapa yang waktu kecilnya bandel, berisik, banyak tanya dan tidak bisa
diam? Tidak termasuk anda? Berarti sewaktu anda kecil bukan anak kecil
yang normal. Anak kecil bandel dan berlaku macam-macam kebandelan itu
biasa. Tapi ada batas kewajaran dari kebandelan tersebut.
Tapi Toto-chan, mh... mungkin tidak bisa dibilang bandel tapi luar
biasa... minta ampun deh. Bayangkan, kelas satu SD saja sudah di D-O
karena bandel. Selama satu minggu dia bersekolah sudah membuat guru
kelasnya bahkan guru kelas-kelas lainnya strez abis.
Untung dia punya mama yang bijaksana. Mama tidak memberitahu Toto-chan
tentang pemecatan tersebut hingga ia dewasa. Agar tidak mengganggu
teman sekelasnya, mama mencarikan Toto-chan sekolah yang baru. Sekolah
yang dapat menerima putri kecilnya apa adanya dan mampu mengajarinya
bagaimana seharusnya berlaku dengan baik.
Setelah bertanya kesana kemari, akhirnya mama menemukan
TO-MO-E-GA-KU-EN. SD Tomoe yang didirikan oleh Pak Sosaku Kobayashi.
Seorang pakar pendidikan yang ramah dan sabar. Ia mendalami dan
menerapkan euroritmik di Tomoe.
Pak Kobayashi juga menerapkan beberapa sistem yang "aneh" dan tidak
biasa ada di sekolah lain. Setiap kegiatan di sekolahnya dirancang
khusus untuk kebutuhan setiap siswa. Semua siswa merasa senang di
Tomoe.
Walaupun keseluruhan cerita mengenai Toto-chan, tapi buku ini
sebenarnya ingin menceritakan tentang Tomoe sebagai hasil karya Pak
Kobayashi.
Setiap orang yang membaca buku ini pasti ingin bersekolah di Tomoe.
Setiap praktisi pendidikan yang membaca buku ini pasti akan
mengidamkan punya sekolah seperti Tomoe. Dan pada kenyataanya banyak
sekali guru muda yang terinspirasi dengan Tomoe dan menerapkan di
sekolah mereka. Baik mereka sebagai pengajar, atau bahkan sebagai
pendiri.
Ide Kobayashi sebagai pendidik sejati sangat kuat melekat dalam benak
setiap praktisi pendidikan muda yang membacanya. Ia menjadi model
ideal seorang pendidik. Cara-cara ia bergaul dengan siswanya, cara ia
menegur guru bawahanya.