To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Tuesday, June 12, 2007 11:25 AM
Subject: RE: [balita-anda] Mau curhat juga...biasa..soal Suster

Jadi pengen ikutan  juga....
Mbak tanti termasuk yg beruntung banget tuch, dpt yg awet :)

Mbak cathy..... Aku juga dulu pernah punya asisten yg lebih parah. Emang
untung2an banget kok cari asisten/suster itu. Kebetulan aku juga
termasuk sering gonta ganti juga .dah sembilan kali, alhamdulilah yg
terakhir ini udah hampir 3 tahun....

Yg pertama sakit, yg kedua diajak temennya ke saudi, padahal tuch anak
dah betah, hampir 2 tahun.ternyata nggak jadi, ktnya mo balik ke aku
udah malu.padahal aku mau banget tuch kalo dia balik. Nah mulai yg
ketiga...baru dech banyak banget masalahnya. Yg suka nyubit lah/suka
mukul yg jelas dila jadi berubah total. Untung aku masih deket sama
tante, jadi suka aku titipin. Yg paling parah aku dapet dari tetangga,
dari pertama dateng kerumah aku udah agak ragu, tapi karna butuh banget
dah berapa bulan nggak punya asisten dan kebetulan ankku habis dirawat
akhirnya aku terima seteleah nego gaji.

Ternyata banyak banget perbuatan yg nggak bener yg dia lakukan selama
saya kerja. Tetangga banyak bilang kalo suaminya (mantan)sering kerumah,
bahkan dila bilang tidur depan TV,(depan TV aku taruh kasur kecil buat
dila maen2 ato tidur siang), kerokan di depan dila(berarti asistenku
khan buka baju), sampe sore. Dila juga dah deket sama suaminya ini,
Pernah juga bawa ibu dan anak dia nginep di rumah, tanpa ijin dan
permisi dulu sama aku, padahal aku di rumah. Ibunya cuek aja tidurmakan
didepanku.pulangnya aku maish kasih ongkos tuch ibu ama anaknya..
Segala kebutuhan aku penuhi, mulai uang jajan, sabun, pembalut, pelembab
de el el ...
Bahkan baru 1 bln kerja mo pinjam uang 3 juta, aku nggak kasih Cuma
kasih 500 rb, itupun bayarnya dipotong gaji 50rb /bulan.eh dia bilang,
ibu ngak punya duit sich, jadi nggak bisa minjemnin saya. Minta cariin
kerja suaminya, aku bilang susah. Eh dia bilang, perusahaan ibu kerja
itu kecil banget ya, masak nggak bisa cariin kerja buat suami
saya....sewoot nggak sich.
Tapi saya masih bertahan ..

Setiap libur dia pergi sampe malam bahkan nginep, kalo dirumah aku yg
urus anak,kdg juga masak2, dia tidur siang sedang aku jaga anak. Bahkan
dia nonton TV sambil duduk manis di kursi aku di bawah duduk sambil
mainan ato nyuapin dila/ato bahkan masak. Bahkan bersihin kmr mandi,got,
aku juga lho.Kata tetangga aku ngalah banget sama asisten, tapi apa daya
carinya susah banget. Kalo disuruh gendong dila, dila dimarahin katanya
dah gede, entar dia turun berok..tiduran disamping saya, kakinya
dinaikin ke tembok. Aku tegur...bilangnya emang kenapa bu..
Pernah ada sodara nginep, sodara yg nyapu, masak... (nggak enak sebg
tamu, phl dah dilarang) eh makanan mateng malah si mbak yg makan duluan.
Memang sich kita makannya nggak dipisah/dibedain, yg dimakan sama dech
pokoknya, malah kdg dia makan duluan sebelum saya/suami...tapi kita
nggak merasa makan sisa.

Yg dengerin ceritaku pasti dah kesel ma aku, kt temenku aku kurang
teges...tapi aku masih sabar sambil menunggu karna ternyata dila ini
agak suka ama si mbaknya. Walo kata tetangga dia judes,..heran juga
sich.
Bilang ke tetangga nggak pernah dikasih apa apa, padahal lebaran, pulang
bawa segala macem. THR (walo baru 2 bl kerja), makanan, baju dia dan
anaknya, zakat, sabun mandi ada 40 bh, lotion , pokoknya banyak dech,
(bukannya ngitung)
Suka bilang ke tetangga yg jelek2 tentang keluargaku, dibalik2 giu...aku
bialng ke tetangga, terserah dia bilang apa yg jelas ALLAH lebih tau.
Pokoknya buaaanyyyaakkk dech .

Akhirnya kesabaranku musnah..... Pulang kerja, aku masak, dila nangis
minta gendong. Si mbak lagi duduk maniiiisss bangget di depan TV. Aku
bilang si mbak, tolong gendong dila...palingan bentar juga diem
nangisnya. Asal dah di gendong. Saat itu dila masih 3thn.
Eh si mbak ini bilang masih sambil duduk manis... Kamu itu udah besar,
nggak usah gendong. Entar aku turun berok..sapa yg nggak kesel
coba...akhirnya aku marahin, aku suruh pulang aja. Gitu aku masih minta
maaf, masih kasih uang 200rb buat sangu, padahal gajinya udah dia minta,
utang masih ada.
Ternyata si mbak ini akhirnya nikah, dpt tukang dan MBA...Alhamdulilah
dia nggak berbuat itu di rumahku, karna dah keluar.kalo aku belum pecat
dia, duh berabe

Dari situ aku jadi dpt pengalaman, aku nggak mau kalah lagi sama
asisten,.aku ati2 bgt.
Dua kali dpt, masih gagal... Akhirnya dapat yg Alhamdulilah...lumayan
sabar.walo kerjanya lambat banget, tapi sama anakku sabar banget.ya
kitanya aja yg sabar, liatin dia kerja luama.
Alhamdulilah sekarang dah mo 3 thn, semoga sich awet terus.

Sorry ya kepanjangan, semoga bisa jadi pengalaman buat yg laen, untuk
ati2 ama asisten.

Ila