Dear Moms and Dads,
Memang milis ini ajaib koq, bener kata salah satu anggota kemaren, baru mau nanya eh
udah ada jawaban. Anak saya umur 1,5 tahun juga lagi susah banget makannya, belakangan
udah 2 minggu.
Saya juga gak biasain makan snack2 yang aneh, kecuali biskuit2 seperti yacobs dan
sejenisnya.
Mungkin karna Nayla udah laper, minum susunya jadi banyak, padahal tadinya susu nggak
banyak. Ada temen saya yang saranin kasih Curcuma plus. Saya belum coba sih.
Saya udah bikin menu makan yang berbeda, tapi yang masuk cuma 2 sendok. Emang tiap
kita makan malam, Nayla ikut makan. tapi gak banyak.
Gimana yah? saya juga pusing nih... mana berat badannya agak kurang.
Hehe .... malah nanya.
Salam
Bundanya Nayla.

Joen <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Ayah Bunda,
Mohon sharing dan informasinya untuk masalah yang terus terang sudah
membuat saya pusing 7 keliling dan agak stres.
Yaitu masalah anak yang ngga mau makan. Putri saya usia 2 th 10 bln udah
± 10 hari ngga mau makan (sayur, ikan, daging, nasi, ayam, dll).
Berbagai cara udah saya coba mulai dari memenuhi keinginan dia mau makan
apa. Saya selalu tanya maunya makan apa, dia jawab dan saya buatin
permintaan dia. Tapi begitu masakan ada, anak itu ngga mau buka mulutnya
sama sekali.
Oma-nya yang ngurus dirumah udah agak spaning alias tensi darahnya
meninggi karena takut kalau anak itu kurang gizi dan lemes. Yang saya
heran, sampai hari ini pun anak itu aktivitasnya ngga berkurang, tetap
aktif dan ngga lemes.
Yang dia mau makan cuma ice cream, permen (itu-itu terus). Karena
anaknya ngga terlalu suka susu, jadi agak susah buat saya cari pengganti
asupan makanan buat dia.

Saya udah juga ke salah satu DSA dekat rumah untuk tanya masalah ini,
tapi DSA nya cuma bilang bahwa anak ada masa-masanya ngga mau makan atau
ngga nafsu makan. DSA itu kasih obat nafsu makan (racikan), tapi tetap
aja ngga ngaruh. Dari umur 1 th, anak itu udah saya kasih Scot Emulsion,
Biolysin, Vidoran Smart (kebanyakan vitaman malah), tapi tetap badannya
ngga bisa gemuk. BB nya konstan sampai sekarang cuma 15 kg. Saya sih
ngga terlalu khawatir dengan BB nya yang mungkin kurang asal anaknya
sehat, no problem buat saya.
Pasti dari ayah bunda, ada yang pernah ngalamin masalah ini kan? Tolong
dong gimana cara menghadapinya.
Menurut papa-nya sih bisa jadi karena faktor psikologi anak itu. Sejak
adiknya (usia 10 bulan) udah bisa jalan sendiri dan ngerti kalau diajak
ngomong, kayanya semua orang di rumah saya perhatiannya ke adiknya itu,
sementara dia kelihatan sekali selalu minta perhatian. Misalnya kalau
pas kita lagi ngalem adiknya, eh si mbaknya itu langsung menghibur diri
sendiri juga dengan menanyakan hal yang sama ke kita. Bisa jadi memang
penyebabnya itu kali ya.
Rencananya saya mau ajak dia ke psikolog anak untuk konsultasi. Karena
kalau ke DSA lagi, kasihan juga dikasih obat melulu padahal anak itu
ngga sakit sama sekali.
Menurut ayah bunda gimana ya? Bisa ada yang bantu? Maaf kalau
kepanjangannya ceritanya, abis pusing dan stres, mikir kerjaan, mikir
anak juga..itulah konsekwensi ibu-ibu.

Sincerely,
Mama Arum & Sekar