Kontroversi 'New Seven Wonders of the World'

Tanggal 7 Juli yang lalu diumumkan daftar Tujuh Keajaiban Dunia yang Baru.
Daftar baru ini 'diresmikan' oleh organisasi yang menamakan dirinya The New
Open World Corporation.

Ketujuh keajaiban dunia tersebut adalah Chichen Itza di Meksiko, Patung
Kristus Penebus di Brazil, Tembok Besar China, Machu Picchu di Peru, Petra
di Yordania, Colloseum di Italia dan Taj Mahal di India. Satu lagi yang
masuk sebagai 'anggota kehormatan' adalah Piramida Giza di Mesir.

Pemilihan ini penuh kontroversi karena pemilihan dilakukan berdasarkan
pilihan populer, bukan berdasarkan kriteria objektif, tidak jauh berbeda
dari kontes semacam Indonesian Idol. Proses pemilihan dilakukan melalui
berbagai media seperti Internet, telepon dan SMS.

Satu orang hanya boleh memilih satu kali saja jika dilakukan melalui
Internet, tetapi anehnya diperbolehkan memilih berulang-ulang untuk
'keajaiban dunia' yang sama jika voting dilakukan melalui media berbayar
seperti SMS atau telepon premium. Selain itu, yang memilih melalui Internet
memiliki pilihan untuk memesan 'sertifikat' seharga $2 yang masih harus
dicetak sendiri. Dan dengan memesan 'sertifikat', pemilih secara otomatis
mendapatkan satu suara tambahan.

Layanan voting melalui SMS hanya tersedia untuk negara-negara berikut:
Australia, China, Prancis, Jerman, Yunani, Italia, Yordania, Rusia, Spanyol,
Inggris Raya, Amerika Serikat, India, Meksiko, Chile, Peru dan Brazil. Ada
yang bisa melihat korelasi antara daftar ini dan keajaiban dunia yang
menjadi 'pemenang'?

Di Brazil bahkan diadakan kampanye 'pilih Kristus' untuk memilih Patung
Kristus Penebus yang dilakukan oleh beberapa operator telekomunikasi.
Operator-operator telekomunikasi ini membebaskan biaya SMS yang digunakan
untuk memilih Patung Kristus Penebus. Hasil akhirnya memang Patung Kristus
Penebus bisa masuk ke jajaran 'pemenang' walaupun baru berumur 78 tahun,
tingginya hanya 38 meter dan dibuat dengan menggunakan teknologi modern.
Bandingkan ini dengan Candi Prambanan misalnya, yang tingginya 47 meter dan
dibuat pada 11 abad yang lalu. Hal ini hanya bisa membuktikan bahwa di
Brazil ada banyak pengguna telepon seluler.

Slashdot wisdom:

The Redeemer statue is a perfect candidate for this new list of Wonders
because it makes you truly wonder why it is on the list.

Untuk meluruskan situasi ini, UNESCO mengeluarkan pernyataan bahwa UNESCO
tidak memiliki hubungan dengan kegiatan ini:

In order to avoid any damaging confusion, UNESCO wishes to reaffirm that
there is no link whatsoever between UNESCO's World Heritage programme, which
aims to protect world heritage, and the current campaign concerning "The New
7 Wonders of the World".

.

UNESCO's objective and mandate is to assist countries in identifying,
protecting and preserving World Heritage. Acknowledging the sentimental or
emblematic value of sites and inscribing them on a new list is not enough.
Scientific criteria must be defined, the quality of candidates evaluated,
and legislative and management frameworks set up. The relevant authorities
must also demonstrate commitment to these frameworks as well as to
permanently monitoring the state of conservation of sites. The task is one
of technical conservation and political persuasion. There is also a clear
educational role with respect to the sites' inherent value, the threats they
face and what must be done to prevent their loss.

There is no comparison between Mr Weber's mediatised campaign and the
scientific and educational work resulting from the inscription of sites on
UNESCO's World Heritage List*. The list of the "7 New Wonders of the World"
will be the result of a private undertaking, reflecting only the opinions of
those with access to the internet and not the entire world. This initiative
cannot, in any significant and sustainable manner, contribute to the
preservation of sites elected by this public.

Sepertinya sudah jelas bahwa kegiatan ini hanyalah kegiatan mencari
keuntungan dari sebuah kontes popularitas. Untuk itu saya bersyukur bahwa
pengelola lomba tidak memasarkan kontes ini di Indonesia. Jika itu terjadi,
keuntungan yang berasal ribuan bahkan jutaan SMS premium akan diraup
pengelola tanpa nilai tambah apapun.

Kontes ini tidak ada artinya dan sebaiknya kita tidak terlalu terpengaruh
atau bahkan sampai mengubah isi buku sejarah.

***

Kabar kegiatan 'Tujuh Keajaiban Dunia yang Baru' ini juga sampai ke
Indonesia. Warga Indonesia kebanyakan mempertanyakan keberadaan Candi
Borobudur pada daftar tersebut. Ada yang mempertanyakan mengapa Borobudur
bukan lagi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Kenyataannya, Borobudur memang tidak pernah masuk ke dalam sebagian besar
tujuh keajaiban dunia. Jadi jika Borobudur tidak masuk dalam '7 keajaiban
dunia yang baru' ini kita sebenarnya tidak perlu terlalu kecewa. Borobudur
sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia mungkin hanya salah satu
bentuk propaganda Orde Baru. Walaupun demikian, masuk atau tidaknya
Borobudur dalam tujuh keajaiban dunia sebaiknya tidak meruntuhkan kecintaan
warga Indonesia pada Candi Borobudur.

Siapa saja bisa membuat daftar tujuh keajaiban dunia masing-masing, tetapi
tujuh keajaiban dunia yang paling terkenal adalah versi klasik Yunani kuno
yang hanya menampilkan bangunan-bangunan di sekitar lautan Mediterania. Jika
bangsa Yunani kuno waktu itu sudah bisa menjangkau Indonesia, mungkin
Borobudur akan masuk daftar mereka dan jumlah keseluruhannya akan lebih dari
tujuh buah.

----- Original Message ----- From: "tprahayu" <[EMAIL PROTECTED]>