Saya kurang tahu apakah tes pack nya sama untuk dewasa
dan anak.
Saya rasa setiap dokter punya pandangan tersendiri,
kebetulan dokter alergi anak saya tidak menganggap
perlu tes alergi, karena prinsipnya alergi anak bisa
diketahui asalkan kita mau memperhatikan pola makan
dan kondisi lingkungan daripada harus menjalani tes
yang tidak nyaman bagi anak. Biasanya langkah
berikutnya adalah melakukan suntik immunotherapy yang
makan waktu cukup lama (6 bulan-1 tahun), tapi hal ini
juga tidak selalu efektif.

Mungkin perlu juga cari second opinion misalnya ke
Klinik Asma dan Alergi Dr. Indrajana di Tanah Abang
atau dokter lain. Tapi ini hanya saran ya kalau mbak
sudah yakin ya nggak apa-apa.

Mamanya Dafi