Hi pak Arfan,

Dari beberapa info yang pernah saya baca, bisa disimpulkan, kecuali sang ibu
menyusui itu 'extremely malnourished', ASI-nya akan sangat mencukupi
kebutuhan sang baby.
Kalau pun ada masalah dengan asupan gizi sang mama, lebih cepat, lebih aman,
lebih sehat dan lebih murah 'memperbaiki' kondisi sang mama dibandingkan si
kecil harus dikasih 'substitusi' ASI.

Usia 7 bulan dan ASI ibu masih banyak? ... it really sounds good :)  Mamanya
rajin menyusui dan Fikry juga pintar 'mengosongkan' ASI dari 'pabriknya'.
(Semoga issue 'kualitas ASI kurang baik' belum dibicarakan langsung dengan
mama Fikri, ya pak ... beliau pasti sudah melakukan yang terbaik untuk
putranya).

Apalagi kalau di-review, dari usia 1-6 bulan penambahan BB Fikry masih
'sesuai grafik' dan baru 'bermasalah' sejak Fikry usia 6 bulan alias sudah
kenal MPASI, ASI ibunya so pasti nggak jadi 'prime suspect' :)

Naik-turun BB bayi tentu punya batas2 normal, pak .. nggak 'saklek' sesuai
angka2 di grafik.  Kalau BB punya 'rate' penambahannya 'slow' tapi laju TB
nya bagus, mungkin memang kategori baby 'langsing' tapi sehat (siapa tahu
mirip dengan papa or mama or both parents waktu bayi dulu ;)).

So, mungkin pantau aja perkembangan Fikry dalam beberapa waktu ini.  Selama
dia tetap aktif, happy, perkembangan motorik dan sosialnya sesuai tahap
usianya, nggak gampang sakit, pola makan tetap OK, ngalamin  penambahan
sekian 'ons'  (ini tetap termasuk kategori 'nambah BB' lho Pak ;)),
seharusnya jangan dulu jadi 'problem' buat ortunya.

cheers,
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 23-week-'bump'

On 9/4/07, Arfan Mentemas <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> kalau di lihat dari Pola makan dan Volume nya rasanya sudah sesuai
> petunjuk dan cukup bahkan sekarang saya tambah.
>
> Untuk masalah ada kemungkinan Infeksi, menurut dokter akan didiagnose
> bulan depan setelah melihat perkembangan dari pemberian Suplement dan
> Vitamin.
>
> Saya curiga kwalitas asi selama ini kurang baik, apakah mungkin ? Apakah
> dengan penambhana susu formula dapat membantu, bukannya asi lebih baik
> dari
> susu apapun, soalnya Fikry menolak dikasi susu formula dan Asi ibunya juga
> banyak ? Bagaimana yah

> [...]

Kirim email ke