Mbak Rini,
Ini aku kasih artikelnya bagaimana menyusui dengan benar,semoga bermanfaat ya...

Menyusui : Awali dengan Benar

(Diterjemahkan dari artikel "Breastfeeding-starting out right")
http://www.kellymom.com/newman/01starting_out_right.html

Menyusui adalah cara yang alami dan fisiologis untuk memberikan nutrisi ke bayi
dan batita, dan ASI adalah susu yang dibuat khusus untuk bayi manusia. Susu
formula yang dibuat dari susu sapi atau kedelai (kebanyakan susu formula,
bahkan "susu formula rancangan") hanyalah dibuat menyerupai ASI, dan iklan yang
menyatakan sebaliknya dapat menyesatkan. Menyusui *seharusnya
* mudah dan tidak sulit bagi kebanyakan ibu. Sebuah awal yang baik akan
membantu untuk menyakinkan bahwa menyusui adalah suatu pengalaman yang
membahagiakan bagi ibu maupun bayi.

Kebanyakan ibu sangat mampu menyusui bayi mereka *secara eksklusif *selama 6
bulan. Bahkan kenyataannya kebanyakan ibu memproduksi ASI *lebih dari cukup*.
Namun sayangnya kebiasaan kuno di RS yang menggunakan botol susu *masih*banyak
terjadi di banyak sekali institusi pusat kesehatan dan membuat menyusui menjadi
sulit, bahkan tidak mungkin banyak ibu & bayi yang mengalaminya. Agar menyusui
dapat dilakukan dengan baik dan benar, mulailah dengan baik di beberapa hari
pertama. Bahkan dengan permulaan yang kurang baik, ternyata banyak ibu dan bayi
yang berhasil menyusui.

Trik untuk menyusui adalah membuat bayi *latch on* dengan baik. Bayi yang
melakukannya dengan baik akan mendapatkan ASI dengan baik pula. Bayi yang tidak
melakukannya dengan baik akan lebih sulit mendapatkan ASI, *terutama*jika
persediaannya kurang. Hal ini mirip dengan menyusui bayi dengan botol yang
memiliki lubang dot yang terlalu kecil - botolnya penuh dengan susu, tapi sang
bayi tidak memperoleh banyak susu. Jika demikian, maka puting sang ibu juga
dapat terluka. Dan jika bayi tidak dapat menyusu dengan baik, biasanya ia akan
bertahan di payudara ibu untuk waktu yang lama, sehingga memperparah rasa
sakit. Sayangnya *siapa saja* dapat *menyatakan* bahwa sang bayi sudah *latch
on * dengan baik. Padahal kenyataannya tidak demikan. Banyak orang yg merasa
dirinya tahu ternyata *tidak tahu *bagaimana latch on yang tepat. Berikut
adalah beberapa cara menyusui yang dapat dibuat mudah:

   1. *Latch** yang benar sangat menentukan keberhasilan menyusui. **Ini adalah
kunci keberhasilan menyusui. *Sayangnya kebanyakan ibu "dibantu"oleh orang yang
tidak tahu bagaimana *latch* yang benar. Jika anda diberitahu bahwa posisi
*latch on *sudah benar namun puting Anda terluka parah, mulailah bertanya-tanya
dan minta bantuan orang lain yang mengerti betul. Sebelum Anda meninggalkan RS,
anda harus diberitahu bahwa bayi Anda telah *latch on* dengan benar dan dia
benar-benar memperoleh ASI. Anda juga tahu bagaimana ia memperoleh ASI (mulut
terbuka lebar - *berhenti sebentar* - menutup mulut dan mulai menyusu). Jika
Anda dan bayi meninggalkan RS *tanpa*mengetahui hal ini, cepatlah cari bantuan
orang yang  berpengalaman. Beberapa staf RS memberitahu para ibu bahwa jika
menyusui terasa menyakitkan, berarti bayi tidak *latch on *dengan baik. Jika
hal ini terjadi, ibu harus melepaskan bayi dan kemudian membiarkan bayi *latch
on* lagi. Ini bukan cara yang tepat. Rasa sakit biasanya akan mereda dan
*latch* seharusnya dilakukan di payudara yang sebelah lagi atau saat menyusui
berikutnya. Dengan melepaskan bayi dari payudara yang sakit dan membiarkannya
*latch on* di payudara tsb akan membuat ibu makin kesakitan dan puting ibu
terluka.

2. *Susui bayi segera setelah ia lahir.* Kebanyakan bayi baru lahir dapat
diletakkan dekat payudara ibu beberapa saat setelah ia lahir. Bahkan penelitian
membuktikan bahwa banyak bayi baru lahir dapat merayap kearah payudara dari
perut si ibu, *latch on¸ *dan mulai menyusui dengan baik tanpa bantuan
siapapun. Proses ini dapat berlangsung selama sejam atau lebih. Namun ibu dan
bayi sebaiknya diberikan waktu bersama untuk mulai saling kenal & belajar. Bayi
yang "self-attach" relatif terhindar dari masalah menyusui. Proses ini *tidak
membutuhkan bantuan usaha* dari sisi ibu, dan alasan bahwa si ibu letih setelah
melahirkan tidak masuk akal,itu saja. Selain itu studi menunjukkan bahwa kontak
antar kulit (*skin-to-skin contact*) antara ibu dan bayi membuat bayi sehangat
di dalam inkubator.

3. *Ibu dan bayi harus bersama-sama dalam satu kamar (rawat gabung/room in).
*Sama sekali *tidak ada alasan medis* bagi ibu dan bayi yang sehat untuk
dipisahkan satu dengan lainnya, bahkan untuk   jangka waktu yang singkat.
      - Fasilitas kesehatan yang biasa memisahkan bayi dan ibu setelah
kelahiran sudah ketinggalan jaman. Dan alasan pemisahan ini biasanya adalah
memberitahu para orangtua siapa yang berkuasa (RS) dan siapa yang tidak
(orangtua). Bahkan berbagai alasan klasik diberikan. Satu contoh adalah bayi
melepaskan *meconium*sebelum lahir. Bayi yang melewati *meconium* dan baik-baik
saja beberapa menit setelah lahir tidak perlu diletakkan dalam inkubator untuk
"observasi" selama beberapa jam.
      - Tidak ada bukti bahwa ibu yang dipisahkan dari bayi mereka akan
beristirahat dengan tenang. Kebalikannya ibu akan lebih beristirahat dan tidak
stress ketika mereka bersama sang bayi. Ibu dan bayi belajar bagaimana tidur
dengan irama yang sama. Dengan demikian, saat bayi mulai bangun untuk menyusui,
maka sang ibu akan mulai bangun dengan alami. Ini
tidak melelahkan seperti jika sang ibu terbangun dari tidur lelap, seperti yang
sering terjadi jika bayi ada di tempat lain saat ia terbangun. Jika sang ibu
diajari bagaimana menyusui bayi dengan posisi tidur bersisian, maka ia akan
istrirahat dengan lebih baik.
      - Umumnya bayi menunjukkan tanda-tanda bahwa ia lapar sebelum mulai
menangis. Misalkan, nafasnya mungkin berubah. Atau ia mulai menggeliat. Ibu
akan terbangun, kemudian ASI akan mulai mengalir, dan bayi akan tenang karena
disusui. Bayi yang terlanjur menangis untuk beberapa saat sebelum didekatkan ke
payudara mungkin akan menolak menyusui. Walaupun ia sudah kelaparan. Ibu dan
bayi dianjurkan untuk tidur bersisian di RS. Ini cara yang baik agar ibu dapat
beristrirahat sembari bayi menyusui. Menyusui seharusnya santai, *bukan*
melelahkan.

 4. *Dot sebaiknya tidak diberikan ke bayi. *Nampaknya ada beberapa kontroversi
tentang "bingung puting". Bayi akan menghisap apa saja yang dapat memberikan
mereka cairan yang mengalir deras dan mungkin akan menolak yang tidak dapat
memberikan hal ini. Dengan demikian, di hari-hari pertama sang ibu biasanya
hanya memproduksi sedikit ASI (sangat alami terjadi),umumnya bayi diberikan
susu dari botol (diatur alam?) dimana ia mendapatkan aliran yang deras. Di
kemudian hari bayi akan cenderung memilih metode aliran yang deras. Hal ini
mudah sekali dimengerti. Yang terjadi kemudian adalah *bukan si bayi yang
kebingungan. *Tetapi bingung puting akan diakibatkan oleh berbagai masalah.
Termasuk juga ketika bayi tidak tidak dapat menyusu di areoal ibu dengan benar.
Akibatnya ia tidak dapat memperoleh ASI dengan baik dan/atau sang ibu mengalami
luka pada putingnya.Namun jika bayi dapat "menerima keduanya" (menyusu dari
payudara & botol)bukan berarti botol susu tidak memiliki dampak negatif. Saat
ini banyak cara
   & alternatif untuk memberikan cairan (asi peras) selain menggunakan dot

   5. *Jangan batasi lama atau frekuensi menyusui*. Bayi yang menyusui dengan
benar tidak akan menyusu selama berjam-jam. Jika pun terjadi demikian, biasanya
karena ia tidak *latch on *dengan baik, sehinga ia tidak memperoleh ASI yang
tersedia. Mintalah bantuan ke ahli laktasi untuk memperbaiki posisi *latch* *on
*yang tepat dan lakukan teknik *breast compression *.
   Teknik ini akan bekerja sangat baik di hari-hari pertama menyusui agar
   kolostrum keluar dengan baik. Inilah yang akan membantu, *bukan*empeng,
   *bukan* botol susu, *bukan* membawa bayi ke ruang bayi.
   6. *Pengganti ASI (Tambahan air, air gula, atau susu formula) jarangsekali
dibutuhkan.
   *Kebanyakan pengganti ASI dapat dihindari dengan membiarkan bayi
   menyusui dengan benar sehingga ia memperoleh ASI dengan baik. Jika ada yang
   memberitahukan bahwa Anda butuh memberikan ekstra cairan tanpa ada orang
   yang mengamati cara Anda menyusui, tanyalah orang lain yang lebih tahu.
   Indikasi untuk memberikan pengganti ASI *jarang* sekali terjadi. Namun
   biasanya hal ini dilakukan untuk kenyamanan staf RS. Kalaupun pengganti ASI
   dibutuhkan, seharusnya diberikan menggunakan alat bantu spt *lactation
   aid**, *bukan cangkir, sendok, sedotan, atau botol. Tambahan yang
   terbaik adalah kolostrum. Kolostrum dapat dicampur dengan 5% air gula jika
   ASI Anda tidak keluar banyak pada awalnya. Formula sangat jarang dibutuhkan
   di beberapa hari pertama.
   7. *Sampel susu formula dan brosur dari perusahaan  susu formula
   bukanlah hadiah. *Hanya ada satu tujuan dari "hadiah" ini, yaitu
   membuat Anda menggunakan susu formula. Cara ini sangat efektif dan merupakan
   teknik pemasaran yang tidak etis. Jika Anda memperolehnya dari tenaga
   professional, Anda sebaiknya mempertanyakan pengetahuan serta komitmennya
   akan menyusui. "Tapi ibu butuh susu formula karena si bayi tidak cukup
   menyusui!" Mungkin, namun sepertinya Anda tidak memperoleh bantuan yang
   memadai dan bayi tidak memperoleh ASI *yang tersedia.* Jika Anda
   membutuhkan susu formula, tak seorang pun seharusnya menyarankan merek
   tertentu dan memberikan sampel gratis. Carilah bantuan yang *benar*.
   Sampel susu formula tidaklah membantu.

Pada kondisi tertentu, bisa jadi ibu tidak dapat menyusui di awal kelahiran
bayi. Namun bagaimanapun juga, kebanyakan "alasan medis" (misalkan, obat pasca
melahirkan) BUKANLAH alasan utk menunda proses menyusui. Jika hal ini terjadi,
anda mendapatkan *informasi yang salah*. Segera cari bantuan. Bayi prematur
seharusnya dapat menyusui *sesegera mungkin* dari kebiasaan yang terjadi di RS.
Penelitian terakhir menunjukkan bahwa bayi prematur relatif tidak stress dengan
menyusu pada ibunya, dibandingkan menyusu dari botol. Sayangnya, terlalu banyak
dokter yang menangani bayi prematur tidak memahami dengan hal ini.

Thanks
Best Regards
Dewi Sinta
PT.PANASONIC SHIKOKU ELECTONICS BATAM ( PSECB )
Mail to : [EMAIL PROTECTED]

Panasonic ideas for life