Bu,

Saya dulu pernah juga keda gondong, lama banget, tahun 92 waktu kelas 3 smp,
seinget saya sih gak ada treatment apa2, cuma dikasih blau aja, ini sih cara
tradisional aja, gak ada penjelasan ilmiahnya, dan gak disarankan
lagi. Gondongan penyebabnya virus jadi gak perlu antibiotika, kalau gak
tahan sakitnya, minum aja model2 panadol atau sanmol tablet gitu
(parasetamol).

Emang agak lama sih sembuhnya. Saya dulu 2 minggu kalo gak salah. Ada
artikel di bawah ini semoga membantu. Untuk sementara biar si kecil gak
ketularan, mesti diminimalkan deh kontaknya.

 Gondongan

Istilah gondongan mungkin agak asing di telinga sebagian orang. Ada yang
menyebutnya sebagai bengok atau pun berbagai istilah lain yang bisa
berbeda-beda pada setiap daerah. Berbagai ?terapi? tradisional pun banyak
dijumpai seperti pemakaian blao pada daerah yang bengkak. Suatu terapi yang
patut dipertanyakan keefektifannya.

*Daya tahan tubuh terhadap gondongan*
Gondongan atau yang dalam bahasa Inggris disebut Mumps mungkin lebih dikenal
saat kita menyebut nama vaksin MMR (Measles, Mumps dan Rubella). Salah satu
guna vaksin ini memang untuk memunculkan daya tahan terhadap infeksi virus
gondongan.

Sebelum vaksin gondongan ditemukan, kasus gondongan cukup sering terjadi.
Tapi seiring dengan pemberian vaksinasi, kasus ini semakin jarang terjadi.

Pada mereka yang sudah pernah terkena gondongan, kecil sekali kemungkinan
untuk menderita gondongan kedua kalinya. Hal ini dikarenakan tubuh akan
membentuk antibodi terhadap virus penyebabnya, dan antibodi ini umumnya
bertahan seumur hidup.

*Penularan*
Virus gondongan menyebar melalui cairan mulut dan hidung. Jangan
membayangkan tetesan besar, bahkan dengan tertawa saja, percikan halus sudah
bisa menyebarkan virus tersebut. Kontak langsung (misalnya memungut tissue
bekas dipakai penderita atau minum dari gelas bekas penderita) juga bisa
menjadi sarana penularan penyakit.

Susahnya, penularan sudah bisa terjadi bahkan saat beberapa hari (umumnya 2
hari) sebelum gejala muncul dan masih bisa menular sampai beberapa hari
setelah gejala hilang. Pada saat-saat tidak bergejala seperti itu, kita
tentu juga tidak terlalu waspada.

*Tanda dan gejala gondongan*

   - Panas tinggi (bisa mencapai lebih dari 39 derajat Celcius)
   - Sakit kepala
   - Leher kaku
   - Tidak nafsu makan
   - Nyeri dan bengkak pada daerah kelenjar parotis (daerah di antara
   telinga dan rahang). Nyeri akan bertambah saat anak tersebut mengunyah,
   menelan bahkan berbicara. Kedua daerah kiri dan kanan dapat terkena
   bersamaan atau berbeda beberapa hari.
   - Bila peradangan juga mengenai kelenjar ludah lain (misalnya kelenjar
   mandibula) dapat timbul nyeri dan bengkak di daerah kelenjar tersebut,
   misalnya di bawah rahang
   - Pembengkakan pada kelenjar ludah biasanya hilang dalam waktu sekitar
   1 minggu dan anak sembuh dalam waktu sekitar 2 minggu

*Komplikasi gondongan*
Walaupun jarang, ada kemungkinan virus gondongan menyebabkan peradangan pada
organ lain termasuk pankreas, otak (ensefalitis) dan selaput otak
(meningitis). Bila sampai terjadi meningitis atau ensefalitis, muncul
berbagai gejala lain seperti kaku kuduk dan kejang yang umumnya terjadi pada
minggu pertama setelah pembengkakan kelenjar parotis.

Bila penyakit gondongan terjadi pada remaja pria atau pria dewasa, dapat
terjadi komplikasi berupa peradangan buah zakar (orkitis) bahkan dapat
menimbulkan kemandulan, tapi kemandulan merupakan komplikasi yang sangat
jarang terjadi, bahkan bila kedua buah zakar terinfeksi.

Gejala orkitis berupa pembengkakan dan nyeri pada buah zakar 7-10 hari
setelah pembengkakan kelenjar parotis. Gejala lain berupa demam tinggi,
mual, muntah, nyeri perut dan sakit kepala. Karena itu, sebelum munculnya
gejala pembengkakan buah zakar, bisa terjadi kekeliruan diagnosis karena
gejalanya bisa menyerupai gejala penyakit infeksi lain khususnya infeksi
saluran pencernaan.

Pada wanita, infeksi dapat mengenai daerah indung telur (ovarium) dan
menimbulkan gejala pembengkakan dan nyeri di daerah perut.

*Pengobatan*
Jalan terbaik adalah segera hubungi dokter keluarga Anda. Jangan menaruh
pasta gigi, mentega, blao atau berbagai terapi tradisional lainnya. Dokter
Anda akan memeriksa untuk menentukan apakah betul penyakit gondongan yang
mengenai buah hati Anda, atau mungkin Anda sendiri. Penyakit lain bisa saja
menimbulkan gejala yang mirip dengan penyakit gondongan.

Pengobatan umumnya ditujukan untuk mengurangi gejala, misalnya menurunkan
panas. Antibiotika tidak bermanfaat mengingat penyebab gondongan adalah
virus. Jadi, jangan kecewa atau malah memaksa bila dokter Anda tidak
memberikan antibiotika pada kasus seperti ini.

Jangan berikan aspirin pada penyakit yang disebabkan oleh virus karena dapat
menyebabkan terjadinya sindroma Reye. Berikan saja parasetamol atau
ibuprofen sesuai petunjuk dokter Anda.

Untuk kebutuhan nutrisinya dapat Anda berikan makanan dalam bentuk cair atau
lunak. Berikan minum dalam jumlah yang cukup banyak, tapi tunda dulu
pemberian jus buah (yang cenderung asam), seperti jus jeruk karena akan
meningkatkan rasa nyeri yang dideritanya.

*Pencegahan*
Penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi untuk membangkitkan
daya tahan tubuh terhadap virus gondongan. Di Indonesia vaksinasi diberikan
dalam bentuk vaksin MMR dan diberikan saat anak berusia antara 12-15 bulan.

Vaksinasi MMR ulangan dapat diberikan saat anak memasuki usia sekolah
(sekitar 5 tahun).

Bila anak sedang sakit, sebaiknya tidak bersekolah dahulu mengingat
kemungkinan ia dapat menularkan penyakit tersebut kepada anak lainnya.

Best regards,

mama Nayma

On 9/14/07, ghani hamiz <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> BA ers
>
> Sudah seminggu ini demam, n tadi malam ujug ujug leher di bawah rahang
> membengkak
> Kayaknya kok sakit gondong dech aku :(
>
> Treatmentnya apa ya kalo sakit gondong share dong yang udah pernah kena
> sakit ini
> N aku kan ada  si kecil baru satu tahun , takut si kecil ketularan nich
> soalnya si kecil belum dapet imunisasi MMR
> N baca baca kok sakit gondong bahaya buat anak laki laki krn dpt
> menyebabkan kemandulan
>
> Mohon pencerahannya ya
>
> Salam
> [...]

Kirim email ke