Bunda Sashy,
Harus sabar mbak, setiap anak pasti melewati masa masa sulit dan menuntut
kesabaran total kita sebagai orang tua. biasanya klo waktunya dah lewat si anak
jadi berubah sendiri, yang pasti harus terus di beri pengertian kenapa harus
begini, kenapa harus begitu, usahakan jangan bilang "JANGAN" sama si anak
apalagi tanpa di dukung penjelasan kenapa "jangan".

Kevin kebetulan juga berumur 4.5 thn dan memang dia sedang belajar ngelawan dan
menolak permintaan kami (ortunya). terkadang kami juga kewalahan menghadapinya.
Pernah dia minta plihara anak anjing yang sedang dititipkan di rumah mamaku
tapi aku kurang setuju karena dirumah nga ada yang ngurus dan dia sangking
sedihnya malah ngamuk berat, klo sudah begitu aku suka memeluk dan mengusap
usap kepalanya untuk sekedar menenangkannya, klo dia ngamuk lagi aku kasih
waktu sebentar sampai dia kembali tenang dan aku usap2 kepalanya kadang
disertai penjelasan kenapa.
cara demikian terkadang cepat berhasil menenangkan dia terkadang sampai lama,
tapi tetap pada akhirnya dia ceria lagi.

atau kalau aku liat gelagat dia bisa di tegaskan aku biasanya bilang sama
Kevin, "Kevin klo sifatnya begitu dan nga mau ngerti, mama bisa marah loh.
sekarang mama belum marah, mama baru ngomong baik baik sama Kevin tapi klo
kevin tetep bandel, mama bisa marah dan kevin nga mau mama marah kan??"
terkadang kalimat yang panjang ini (aku juga nga tau dia ngerti atau nga) bisa
berhasil membuatnya nurut.

buat aku pribadi tips untuk berlaku tegas sama anak harus diawali warning dulu,
jika masih tidak dituruti baru benar benar di tegaskan.

yang sabar ya bun
Salam
Restianni