From: Siregar, Lolita (ID - jakarta) <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Wednesday, October 08, 2003 9:43 AM
Subject: RE: [balita-anda] play group

> **** Confidentiality Statement ****
> This message (including any attachments) contains confidential
> information intended for a specific individual and purpose, and is
protected by law. If you are not the intended recipient, you should delete
this message and are hereby notified that any disclosure, copying, or
distribution of this message, or the taking of any action based on it, is
strictly prohibited.

----

> Carissa udah sekolah dari umur 14 bulan. Waktu itu blm bisa jln, dua kali
sekolah, dia jln. Mungkin krn liat byk yg iguk-iguk di sekolah kali yah...
jd pengen jln deh.

> Sekarang dia 22 bln. Sekolah?? Maniak banget... yg pusing kita, krn
bawaannya mau sekolah mulu.

> Mungkin, yg perlu dipertimbangkan adalah pertimbangan pemilihan
kurikulumnya yah. Pengalaman saya, 6 bln pertama, Carissa sekolah di
Gymboree. Menurut saya, Gymboree cocok untuk baby, karena setiap session
cuma 45 menit. Lalu difokuskan hanya pada satu aktivitas saja. Misalnya play
class, disini cuma manjat, jln, merangkak, lari2x. Olahraga lah. Lalu ada
session lain yg judulnya music class. Dulu sih, Carissa ngk sempet bosen,
krn cuma sebentar. Tp saya perhatikan, ini ngk mencukupi jk dia sudah 2
tahun. Mk, sejak 3 bln yg lalu, dia pindah ke Kinderland. Di sini, setiap
session 1,5 jam, dan dua kali seminggu. Aktivitasnya bervariasi, mulai dari
motorik kasar (main di taman), nyanyi, reading, art craft sederhana (baru
menempel). Saya perhatikan, nantinya pelan-pelan lamanya setiap aktivitas
akan bergeser dari yg di kelas toddler (kelas Carissa sekarang) masih fokus
ke motorik kasar, begeser menjadi fokus ke motorik bahasa (keterampilan
tangan dan bahasa). Jadi saya pikir dg kurikulum seperti itu, dia ngk kaget
nantinya.