Yth. Rekan-rekan milis Balita Anda

Mencermati email 'JOKE' MUI yang beredar baru-baru ini, saya tergugah untuk
menanggapi dengan rasa prihatin serta tidak percaya kalau hal ini dapat
terjadi di dalam lingkungan Milis Balita Anda yang kita cintai ini.

Saya tidak ingin mencampuri masalah ini, dimana selayaknya sudah harus dapat
diselesaikan dengan baik, apabila kita mempunyai cukup kedewasaan dalam
berpikir dan bertindak. Tetapi dalam hal ini sekali lagi saya sangat
prihatin terhadap bagaimana cara kita memandang suatu permasalahan dan
kemudian menyelesaikan permasalahan tersebut, yaitu :

§       Apakah permasalahan yang dihadapi sangatlah berat, sehingga tidak
dapat lagi diadakan dialog ataupun pembicaraan yang dapat menyelesaikannya
secara baik  ???
§       Apakah tidak ada lagi rasa saling menghormati dan saling menghargai
diantara kita, sehingga harus menghujat sesama anggota milis yang
'menurutnya bersalah' di area publik melalui distribusi e-mail ???
§       Apakah tidak ada lagi rasa kebersamaan dan saling memaafkan terhadap
kekurangan ataupun kesalahan orang lain ???
§       Apakah kita sudah kehilangan rasa santun sebagai orang 'Timur' ???
§       Apakah kita sudah melupakan juga kewajiban kita untuk senantiasa
menciptakan lingkungan milis yang kondusif  ???

Mari kita pertimbangkan pertanyaan tersebut di atas dengan hati nurani kita
masing-masing untuk memperoleh jawaban yang obyektif sebagai bahan
introspeksi kita bersama.

Selayaknya segala permasalahan harus selalu dapat dicarikan solusi dalam
koridor keutuhan dan kekompakan di dalam Milis Balita Anda dengan
menghindari semaksimal mungkin hal-hal yang tidak kita inginkan bersama.

Dalam kesempatan ini pula, saya mengajak rekan-rekan sekalian untuk berpikir
pro-aktif dan lebih positif dalam setiap langkah kita ke depan  dalam
perspektif untuk kemajuan kita bersama dalam wadah Milis Balita Anda yang
kita cintai, serta guna menghindari adanya pengaruh negatif ataupun hasutan
(apabila ada) yang akan melemahkan  semangat dan motivasi kita.

Selanjutnya mari kita rapatkan barisan dan menjaga kekompakan kita dalam
menghadapi tantangan ke depan.