Hi mbak Wiwi,

Wah ... nggak kerasa sudah 19 minggu ya kehamilannya ? :)

Iya, kemungkinan memang yang dialami mbak Wiwi termasuk efek temporer karena
kondisi tubuh aja (salah satunya seperti yang dibilang dokternya, kelelahan
(kurang istirahat)).  Sekarang sudah mulai membaik, kan?

Saya kurang tahu juga apa kurang makanan manis juga bisa jadi penyebab
'migrain' ibu hamil.  Mungkin bisa disiasati dengan: makan tetap teratur,
nggak terlalu berlebihan/kurang, kalau bisa gizi seimbang.  Seharusnya sih
pola makan model begini sudah jadi antisipasi 'alami' untuk masa kehamilan
yang sehat dan normal (termasuk antisipasi terhadap kemungkinan migraine).

Kalau memang bisa ditahan dan ternyata memang gejala migrainnya berangsur
membaik dan hilang, nggak perlu minum obat juga nggak apa2 kok mbak.  Tadi
saya sempat browsing tentang 'migraine during pregnancy', kalau pun ada obat
yang diresepkan untuk menghilangkan gejala ini, umumnya kategori
asetaminofen (nama lain parasetamol), seperti _Tylenol_ , _Panadol_, dll.
Tapi seperti yang dianjurkan dokternya mbak, kalau memang bisa ditahan atau
dengan lakukan treatment lain dari salah satu info yang tadi sempat saya
baca: mis. istirahat tidur sejenak, taruh handuk dingin di area kepala,
shower air dingin, relaksasi (
http://www.americanpregnancy.org/pregnancyhealth/migraines.html),
ternyata gejala migrain nya menghilang, obat dari dokter bisa disimpan untuk
jaga2 aja.

cheers,
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 31-week-'bump'

On 10/29/07, Wiwi Williyanti <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> tambahan juga mba....kebetulan kemarin kamis - jumat saya ( lagi hamil 19
> minggu ) juga kena migren ( baru kali ini saya ngalamin ), sakit bgt
> sampai
> daerah muka sebelah kanan terasa pada sakit ( ya mata, ya pipi, ya rahang,
> ya jidat ) tapi saya bertahan gak minum obat apapun...temen ada yg
> nyaranin
> minum panadol katanya aman buat bumil tapi gak saya ikutin.......jumat
> malemnya saya ke dsog ( walaupun dah mendingan tetep ke dsog kebetulan kan
> jadwal kontrol....)

> [...]

<deleted>

Kirim email ke