From: Dara Diekti <[EMAIL PROTECTED]>
To: balita-anda@balita-anda.com
Sent: Friday, November 9, 2007 8:32:17 AM
Subject: [balita-anda] Ringksan.. Help anakku ga' mau BAB...

Makasih banyak ya atas segala saran2 yang udah diksh ke saya, aku coba
 terapin yang terbaik.. tapi jujur aja anakku sptnya msh trauma bgt..
 jadi setiap kali mau di dudukin di toiley, dia udah bilang "pokoknya
 adek
 ga' mau ngeden.."..  pusing..g..g deh..

=====

Dear Parents..

 Aku punya masalah dg anak ke-2 ku nih (3 tahun 6 bulan)..

  Sudah sebulan ini dia susah banget BAB.. Padahal sebelum2nya ga'

pernah ada masalah sama sekali.. BAB-nya lancar.. sampai pd sekali

 waktu sebulan yg lalu dia ngalami BAB yg keras (sembelit) 2x.. trus
 mungkin dia ngerasa sakit.. trus trauma

  Habis dari situ setiap kali dia mau BAB selalu dia tahan2.. hingga

 BAB yg keluar itu suka keras.. akhirnya aku berinisiatif utk
 memberikan "MICROLAX" (maaf: yg dioles/dicolok di anus) setiap hari
 ke-4 dia ga'
 BAB... padahal aku sendiri ga' tau apakah itu aman ato enggak..

  Udah ke dokter, dikasihnya itu juga... emang ke dokter baru sekali

sih, belum balik lagi..

  Mgkn ada parens yg pernah mengalami hal yg sama, dimana si anak ga'

mau usaha "ngeden / ngedorong" shg BAB-nya susah...

  Kasih apa ya?? & Apa yg harus saya perbuat lagi..hiks..hiks.. aku

stress banget nih..

  Makasih sebelumnya, -- ratna

  Jawaban:

** "Hairiah" <[EMAIL PROTECTED]

Mbak aku jg pernah punya pengalaman yg sama dengan egi bbrapa waktu
lalu.. sampe bulak balik dokter ga' sembuh2 akhirnya aku konsul ke ahli
pencernaan.  Pertama yg harus dibenahi sich pola makannya, usahakan yg
berserat terus banyakin minum air putih.  Terus kedua habit dia sehari2
dech, spt: biasakan banyak bergerak, banyak2 jongkok (terutama setelah
makan) ini untuk meng-elastiskan otot2 di anus.  Ketiga sich sembuhin
dulu trauma dia waktu pupnya keras.  Buat suasana pup menyenangkan.
Gitu aja mbak sharingnya. Moga bantu ya.  o iya setauku sering2 dikasih
microlax ga' bagus juga mbak karena bisa membuat otot2 di anus jd
 males

** "Fenty Tanjungsari" [EMAIL PROTECTED]
Dr dtr sih dikasih laksadine sirup(ituloh yg buat susah
BAB),klu msh gak bisa juga baru micolax.
Coba aja mbak diksh
 minyak
 Yg bisa diminum ituloh,biasanya diapotik ada(maaf lupa namanya) tapi
 blhgak? Or ksh vegeta tapi boleh gak tuk anak kcl?

Maaf
 ya
 klu gak
ngebantu,
Mama fira

**  "uci momkavin+ija" [EMAIL PROTECTED]
perbanyak air putih n kurangi minum amanis deh coba.. trus perbanyak
 serat... juga..  kadang anak usia balita susah BAB gara2 psikologis
 juga
mendisiplinkan dia tiap pagi mo mandi kudu duduk
 di  toilet.. mo BAB or gak tetep kudu di toilet... puji Tuhan dehhh
 lancar  BABya..

** "tprahayu" [EMAIL PROTECTED]
Beli aja suntikan ( dihilangkan deh jarumnya ). tiap dia  susah pub
 karena keras, masukin air sabun lewat anusnya
dg bantuan suntikan tersebut. Zhafira dulu suka ku kasih sabun biar
 lancar keluarnya.  Sekarang ku ganti susu, alhamdulillah g pernah
 masalah
 dg pubnya lagi

** "Icho" [EMAIL PROTECTED]
ini dari beberapa sumber
Semoga berguna

- coba susunya jangan terlalu pekat/kental., banyak minum air putih
 atau kasih jus buah bu..
- Coba perbanyak makan pepaya, agar-agar (nutrijell,puding,dsb) sebagai
 obat pencahar alami. Kalau suka makan sayur, coba dengan perbanyak
 makan  sayuran hijau
- Coba kasih Ducolac yang untuk balita. obat ini dimasukkan lewat
dubur/anus.

Tambahin dikit lagi
Bila bayi mengalami kesulitan untuk buang air besar maka sebagai orang
 tua kita akan menjadi kuatir. Dibawah ini adalah beberapa tips untuk
 membantu bayi anda yang mengalami kesulitan sewaktu buang air besar
 atau disebut konstipasi.

. Berikan bayi anda lebih banyak cairan seperti air putih, susu atau
 setelah usia 4 bulan dapat diberikan jus buah yang diencerkan.

. Olahraga---bantulah bayi anda dengan melakukan exercise atau olah
 raga kecil dengan cara menekuk lutut bayi kearah perutnya secara
 lembut beberapa kali, yang akan membantu untuk mengeluarkan BAB (buang
 air
 besar).

. Berikan bayi anda mandi air hangat.

. Oleskan vaselin atau baby oil di daerah sekitar anus bayi.

. Setelah bayi mulai makan padat, berikanlah lebih banyak makanan yang
berserat dari buah dan sayuran.

Kiranya tips diatas dapat membantu bayi anda yang mengalami kesulitan
 buang air besar.

Dan anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter anda, bila:
. setelah merubah cara dan kebiasaan diet makan yang ada tetap tidak
memecahkan masalah,
. bila bayi atau anak tampak sangat kesakitan,
. keluar darah di feses (tinja)
. terjadi robekan di daerah anus karena tekanan yang kuat.

© Dr.Suririnah-www.infoibu.com

** "natalia" [EMAIL PROTECTED]
awal2 sih  saya kasih microlax juga tp setelah itu di kasih minum
 yakult sehari sekali . And
krn dia juga susah makan sayur akhire di akali dgn sayur di potong
 kecil trs langsung di campur ke nasi nya

http://mail.yahoo.com