Bu, apa ada ciri2 tambahan pada Arya spt: pucat, 'kuku sendok' (spoon nails
, suatu kelainan bentuk dimana kuku2 keliatan tipis & bentuknya cekung),
lemah yg disertai dgn berkurangnya kekuatan otot, dan / atau perubahan
dalam tingkah laku kognitif?

Kalao iya, patut diduga Arya kekurangan zat besi.  Mungkin nih... mungkin
terjadi karena makanan yg dikonsumsi Arya kurang seimbang. Harusnya bisa
ditambah makan makanan produk hewani supaya bisa diserap tubuh dengan baik
(cmiiw) harus disertai dengan mengkonsumsi vit c, tentu saja yg sesuai
dengan usia Arya.  Makanya ada pendapat bahwa para vegetarian dan
(kebanyakan wanita) orang yg sedang berdiet (pantang makan) telur, daging
atau ikan akan kemungkinan besar bisa terserang anemia (kurang zat besi).

Lebih baik coba dulu hal diatas tadi, banyak konsumsi produk hewani.  Yaah,
kalo sudah dewasa sih enak, tetap diet tapi bisa juga minum suplement
penambah zat besi, tapi kalo masih balita ... daripada salah kasih
suplement lebih baik tanya pakarnya dulu.

Maaf kalo kurang membantu..

salam - v

                      "Elida Basaria"

                      <[EMAIL PROTECTED]        To:       <[EMAIL PROTECTED]>

                      -it.com>                 cc:

                                               Subject:  [balita-anda] Anak sering
merasa lemes / capek
                      09/10/2003 03:52

                      PM

                      Please respond to

                      balita-anda

Dear Netters,

mohon pencerahannya mengenai kondisi anak saya. Anak saya Arya, cowok, umur
4,5 th (24 kg) sejak sebulan yang lalu sering merasa lemes / capek. Kalau
lemes/capek dia jadi males diajak jalan-jalan, di rumah baca buku, dan
tidur. Kondisi Lemes & capeknya tidak setiap waktu. Seringnya siang hari
atau/& malam hari. Untuk makan setiap harinya sangat ok, dalam arti dia
sangat gampang makan. Makan 3 x sehari & susu 2 x sehari. Dia sudah sekolah
TK A, dan setiap hari (Senin - Sabtu).

Terima kasih sebelumnya untuk bantuan & perhatiannya.
Mamanya Arya & Nike.

The information transmitted is intended only for the person or entity to
which it is addressed and may contain confidential and/or privileged
material.  Any review, retransmission, dissemination or other use of, or
taking of any action in reliance upon, this information by persons or
entities other than the intended recipient is prohibited.   If you received
this in error, please contact the sender and delete the material from any
computer.