Memang wajar sih begitu… terutama anaknya blm pernah sklh sebelumnya. Yg tdk
wajar adlh kalo anaknya sampe stress.. kesian atuh anaknya…msh kcl kok stres
gr2 sklh.

Just sharing, farel pertama kali sklh umur 2,5thn selalu nangis setiap msk
sklh. Skrng sdh 3 thn, sdh gak nangis lg. Dulu jg begitu nolak tdk mau
sklh.. trus saya observe yg bikin dia gak mau sklh apa, krn dr report
gurunya disklh farel enjoy dan mnrt eyangnya (yg jemput dr sklh) pulang sklh
keliatan riang gembira. Ternyata penyebabnya adlh :

   1. ditinggal sm ayah bunda
   2. harus bangun pagi

Solusinya utk no.1, setiap sklh selalu dianter ayahnya sampe pintu kelas
(sblmnya eyangnya yg nganter) dan sambil dikasih pengertian pelan2 bahwa
disklh farel tdk sendirian tapi ada guru dan teman2nya yg lain. Dan dulu
selama sklh ditunggui oleh mbak nya, tpi skrng sdh gak lagi, mbak nya dtng
pas jemput aja.

Utk yg nomer 2, selama ini farel memang tdrnya malam, nungguin ortunya dtng
n main dulu. Jadi skrng kita usahain pas hr sklh pulang tenggo, biar bsk nya
bs bangun pagi. Krn klo msh farel msh sleepy mode, berpengaruh ke mood nya.

Klo saran saya, coba di observe aja dulu mba, yg bikin stres apa, palagi dah
umur segitu sdh bs diajak ngomong.

Oiya.. mungkin jadwal sklhnya tlalu byk kali, jd anaknya rada kaget jg. Dulu
farel ambil yg kelas 2x sminggu, itu jg sering bolosnya. Skrng bertahap
mulai ditingkatin jd 3x sminggu.

Smoga bs mjd masukan yaa…

On 2/21/08, Ida <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Parents,
>
> Aku mau minta masukan dari Moms & Dads nih.  Anakku Jess 2.9 thn dari
> akhir Januari aku masukan trial ke sebuah sekolah untuk kelas Toddler
> (Dibawah playgroup) 1 minggu masuk 3x. Disana bisa trial sampai 3x. Sy
> masukan dia ke sekolah supaya belajar adaptasi saja krn tahun ajaran
> berikutnya masuk playgroup. Selama trial saya temani & anaknya ok saja. Nah
> masuk hari ke 4 yg antar Mbaknya & sama gurunya disuruh tunggu diluar jadi
> anak sy didalam bersama guru & teman2nya saja, nah anak saya nangis terus
> [...]

Kirim email ke