Thanks mbak Yenni,
Ternyata kita memang perlu banyak koordinasi ya.. :)
Karena ternyata beda divisi pun bisa beda penerapan ..
Akan jadi masukan yang sangat bermanfaat.

Salam,
Iraf

                      [EMAIL PROTECTED]

                      riflour.com                  To:
balita-anda@balita-anda.com
                                                   cc:

                      03/19/2008 09:29 AM          Subject: Re: [balita-anda]
Keguguran
                      Please respond to

                      balita-anda

tambahan lagi....tadi kelupaan
Klo kehamilan dibawah 3 bulan trus keguguran tidak dianggap sebagai
persalinan...hak atas biaya persalinan belum terpake ...gitu mbak..tapi
memang tidak tertulis, cuma pernah dialami oleh karyawan ditempat saya.

Elisabeth Yenny Chandra
Product Development
PT. Bogasari Flour Mills-Pasta Division
Jl. Raya Cilincing no. 1 Jakarta Utara
telp. 43920061-2 ext.118

                      [EMAIL PROTECTED]
                      flour.com                To:
                      balita-anda@balita-anda.com
                                               cc:
                      03/19/2008 09:00         Subject: Re: [balita-anda]
                      Keguguran
                      AM
                      Please respond
                      to balita-anda

Terima kasih mbak Lif Rahayu dan mbak Rizqiyah,

Sebenarnya masalah begini juga sudah pernah dibicarakan dengan SPSI di
perusahaan kami, hanya memang beberapa hal belum clear.  Di Kesepakatan
kerja bersama pun mengenai keguguran ini belum jelas banget.  Makanya saya
juga coba cari beberapa referensi lain. Mudah2an bisa dijadikan bahan untuk
diskusi lebih lanjut.
Keguguran (spontaneus) kan musibah yang tidak diinginkan siapapun, dan
tidak ada anak yang perlu perawatan setelah keguguran.  Jadi, memang agak
aneh jika kelahiran dan keguguran dianggap sama karena kedua peristiwa tsb
sangat beda.

Masukan dari mbak berdua sangat berguna dan bisa jadi bahan diskusi kami di
sini.  Saya masih sangat mengharapkan jika ada pengalaman dari teman-teman
lain mengenai kasus seperti ini di tempat kerjanya.

Terima kasih,
Iraf

                      "Lif Rahayu"
                      <[EMAIL PROTECTED]         To:
                      balita-anda@balita-anda.com
                      .com>                    cc:
                                               Subject: Re: [balita-anda]
                      Keguguran
                      03/18/2008 02:38
                      PM
                      Please respond
                      to balita-anda

Mbak,

Dari hasil diskusi dgn sesepuh spsi di sini, mestinya hal tersebut
didiskusikan dengan spsi di perusahannya mbak, dan juga harus di-raise pada
saat diskusi dengan manajemen. Mestinya anak ke-4 dianggap anak pertama,
karena 3 kakak3nya kan meninggal, sehingga biaya perobatan/medical diganti
oleh company. Kalau melahirkan apakah diganti atau enggak, dilihat dulu
yang
3 kakaknya meninggalnya pas sudah dilahirkan (misal usia sehari0 atau
keguguran pada saat misal kandungan 3 bulan, karena menghitungnya kan jadi
beda. Bisa jadi biaya melahirkan gak ditanggung (karena 3 kakaknya dulu
meninggalnya setelah dilahirkan) atau ditanggung (salah satu kakaknya
meninggal keguguran usia 3 bulan misalnya).

Nah oleh spsi hal ini harus dibicarakan dgn pihak manajemen sementara
menunggu hasil diskusi, sebaiknya dibaca kkb (kesepakatan kerja bersamanya)
apakah ada klausul di situ ttg hal ini.

Maaf, gak bisa banyak bantu, kebetulan di company saya anak dari karyawati
ditanggung company tanpa ada batasan jumlah (pertimbangannya hari giniiii
paling rata2 jumlah anak karyawan 3, jarang banget yang di atas 3).

mama Nayma