Dulu sebelum imunisasi MMR dsa nya tanya selain sudah bisa berkomunikasi atau
belum..dia tanya anaknya bisa disuruh suruh gak ? misalnya ambilin mobil mobilan di
ruang lain ...mungkin ini juga untuk liat anaknya ada kecenderungan autis atau tidak
ya, liat anaknya mau berinteraksi sosial atau enggak.......

rgds,
Ririen

Meutia Miranti <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Mbak & all,

Nanya dong..

Saya pernah dengar katanya ada anak yang sebelum MMR baik2 aja.. dah bisa
ngomong.. kontak mata dll.. tapi abis itu diimunisasi MMR baru deh jadi
autis..
Kira2 ini mungkin atau enggak sih?

Saya masih mikir2 nih mau imunisasi Zakki (19 bln).. dia udah bisa mulai
ngomong sih.. meskipun belum begitu jelas.. tapi udah bisa merangkai 2
kata.. kontak mata bagus..
Cuma kadang2 kalo lagi tertarik sesuatu agak susah dialihkan.. kira2 itu
gejala autis apa enggak ya?

Mohon masukan yaa..
Sorry malah nambah pertanyaan.. :-)

Meu