Pak Novri, sharing aja nih.
Ibu saya pengalaman memantau perkembangan 6 orang cucunya, 3 perempuan 3
laki2.
Menurut beliau ada 3 tahap perkembangan.
Dari bayi sampai 1 tahun lagi seneng2nya ngasuh cucu di rumah.
Senang2nya mengamati pertumbuhan dan perkembangannya.
1 sampai 2 tahun lagi seneng2nya ngasuh sambil diajak jalan2.
Diajarin macem2 juga.
Seringkali anak saya diajak jalan, berdua aja sama neneknya.
Di atas 2 tahun lagi nakal2nya, seneng ngasuh kalo ada ibunya.
Maksudnya, kalo lagi manis sama neneknya, kalo lagi nakal sama ibunya aja :)

Kalo untuk Alika, dulu dia gampang marah & kesel kalo ngga bisa ngungkapin
apa yg dia mau.
Jadi dia ngga bisa ngomong, kita juga ngga ngerti.
Bahkan ada masanya ayahnya terusir dari kamar, terpaksa bbrp hari tidur di
sofa.

Setelah masuk taman bermain umur 2,5 thn, makin bertambah referensi sikap &
perbendaharaan katanya.
'Plis dong ah... emang gue pikirin...cape dee...jangan gila doongg...kurang
ajar lo'
Adenya digelindingin seperti boneka...kepalanya mbah kung dipukul2 pake
pinsil...
Saya cuma ngamatin. Percuma aja kalo ditanya siapa yg ngajarin, jawabnya
juga ngga sesuai.
Tapi sy maklum, namanya juga anak2 :) Buat saya itu resiko interaksi dengan
orang lain.
Yg masih batas wajar ya biarin aja.
Yg udah diluar batas, yg menjurus tidak sopan atau bahaya, ya saya bilangin
yg betul. Berkali-kali.
Dinasehatin pakai bahasa anak2.

Salam,
-MamaAlika&Nabil-