Pak Bustanul,

Apa dokter tempat konsultasi si kecil sejak bayi sampai usia 13 bulan ini
memang dokter yang sama?
Kalau iya, apa memang batuk-pilek yang sering dialamin si kecil ini baru2
ini saja dihubungkan dengan alergi susu oleh beliau?  Di lain pihak,
batuk-pilek (common cold) memang lumrah untuk anak balita.

Mungkin bisa tetap di-observe aja, pak.  Memang si kecil alergi susu sapi
atau tidak.  Untungnya, si kecil sudah lewat usia 1 tahun, di mana
alternatif makanan/minuman sudah lebih banyak (termasuk untuk asupan
kalsium-nya), kesempatan sistem imunnya untuk tahan alergen sudah lebih
besar juga.

Saya kurang tahu apa tujuan konsumsi air teh (air gula), mungkin untuk
tambahan kalori/energi (karena lagi 'stop' susu), asal jangan jadi pemicu
batuknya si kecil.

Btw, dengan konsumsi susu sebanyak itu setiap harinya, gimana dengan pola
makan lainnya, pak?  Semoga tetap seimbang, ya pak dan jangan sampai juga
anak jadi cenderung ngalamin obesitas.  Daya tahan tubuh yang baik juga
didapat dari nutrisi yang baik dan seimbang.

Next time kalau sudah planning untuk punya anak lagi, sang istri tercinta
bisa juga diperkenalkan dengan konsep manajemen laktasi (banyak sekali
informasinya di archive milis BA ini), Supaya bisa sukses menyusui, pak --
karena bisa dibilang (note: untuk sebagian ibu menyusui harus tetap menjaga
asupan nutrisinya) nggak ada baby yang alergi karena ASI :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

2008/6/9 Arifin, Bustanul <[EMAIL PROTECTED]>:

> Terima kasih,
>
> anak saya minum susu formula sejak umur 12 hari karena ASI ibu-nya nya
> tidak keluar, semenjak itu memang nafas-nya ngos-ngosan kadang juga
> berbunyi
> ( kata tetangga: kemasukkan Air ketuban tapi setelah saya cek ke dokter,
> dia bilang bukan... )
>
> Anak saya minum susu nya kencang minimal dia menghabiskan 1200 ml per
> hari
> ( sebelum tidur dia harus minum 240 ml kalo gak gitu dia rewel
> gak mau tidur...  ) hingga kini berat badan nya 12,5 kg ( umur 13 bulan
> [...]

Kirim email ke