Rosulullah bersabda "Siapa yang menghindari subhat berarti dia telah
membersihkan agama dan harga dirinya".

atau ada hadist lain...

An-Nu'man bin Basyir berkata, "Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, '*Yang
halal itu jelas dan yang haram itu jelas, dan di antara keduanya terdapat
hal-hal musyabbihat (syubhat / samar, tidak jelas halal-haramnya), yang
tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Barangsiapa yang menjaga hal-hal
musyabbihat, maka ia telah membersihkan kehormatan dan agamanya. Dan,
barangsiapa yang terjerumus dalam syubhat, maka ia seperti penggembala di
sekitar tanah larangan, hampir-hampir ia terjerumus ke dalamnya. Ketahuilah
bahwa setiap raja mempunyai tanah larangan, dan ketahuilah sesungguhnya
tanah larangan Allah adalah hal-hal yang diharamkan-Nya. Ketahuilah bahwa di
dalam tubuh ada sekerat daging. Apabila daging itu baik, maka seluruh tubuh
itu baik; dan apabila sekerat daging itu rusak, maka seluruh tubuh itu pun
rusak. Ketahuilah, dia itu adalah hati*.'" (HR. Bukhori)

Wassalam,
dwi

Kirim email ke