Ok deh Moms and Dads,...berhubung banyak yang tanya ITP, saya posting aja ya
ke milist..semoga membantu. Kalo kurang jelas, mending konsultasi langsung
ke dokter ahli darah..barangkali aja saya salah... :))

*************
pak dhedy,.. maaf JAPRI
Saya adalah mantan penderita ITP kronis. Disebut kronis karena sewaktu usia
saya 19th, thrombosit saya hanya 5500....dan seluruh tubuh mengalami purpura
atau pendarahan dibawah kulit, berbentuk bercak-bercak seperti DB hanya
lebih lebar... gejala lain adalah seperti flu : demam ringan , badan lemas
tak terkira,..sampe mau pingsan.
saya diopname di RS MMC selama 10 hari dengan pemeriksaan lengkap, sampai
dibor segala sumsum tulang belakang saya (BMP) jgn tanya rasanya pak,...luar
biasa ngilu... karena saat itu thn 1992 ITP blm populer di tanah air.
Kalau ditanya bahaya atau engga penyakit ini sih pasti bahaya jika penderita
ngga rutin kontrol dan jaga diri. Pasien ITP rentan terhadap sinar matahari,
jadi usahakan jgn terkena langsung paparan sinar UV. gunakan sunglasses,
baju tangan panjang dan topi.
Faktor keturunan?..blm bisa dipastikan dgn jelas,hanya saja dugaan sementara
para pakar hematologi menyebutkan resiko keturunan memang ada dan most
probably menyerang anak dgn gender wanita. Atau kalaupun si anak dari ibu
yang menderita ITP tidak terkena, dia berisiko bakat (carrier).
Dokter saya dulu di MMC adalah Dr, Abdul Muthalib dan Prof Arry Haryono.
Tapi saat ini saya cek rutin ke RS Mitra INternasional Jatinegara dgn Dr
Djumhana SPD yang sayangnya bukan DSA.
Oh iya pak,..ITP ini bisa berkembang menjadi leukemia, LUPUS SLE, HIV,
Hepatitis C dan masih banyak lagi..makanya harus rutin minum obat (biasanya
Medrol atau Ultralan yg bikin gemuk..hehe..). Dokter saya bilang ITP ini
hanya salah satu gejala dari penyakit kelainan darah lain yang lebih kronis
seperti yg saya sebutin diatas,..makanya harus ekstra teliti dan rutin
berobat.
Setelah 10 tahun dengan ITP saya divonis kena Anticoagulasi (ACA) yaitu
penggumpalan darah sebagai salah satu akibat dari berkembangnya
ITP..hasilnya saya susah hamil..dan ketika Alhamdulillah bisa hamil harus
disuntik fraxiparine sebagai pencegahan penggumpalan darah yg berakibat
supply oksigen dan makanan ke bayi melalui plasenta terhambat.
Panjang ya pak?...sekian dulu, kalo mau tanya2 lagi boleh..
Wassalam,
Dewi Irawan