Hi mbak Miko,

Sayang sekali, catatan tanggal pertama haid yang terakhirnya mbak Miko lupa
Kalau punya (ini pun dengan catatan,siklus haid mbak teratur polanya) mbak
bisa cukup yakin kapan usia kandungan mbak memang 'term' untuk melakukan
persalinan.
Saya sendiri punya catatan lengkap pola haid saya, kebetulan dianugrahi pola
haid yang sangat teratur, dan itu yang buat saya lebih yakin dengan EDD
saya, dan memakai hasil USG hanya sebagai penunjang.

Kalau memang tgl. 9 Sep ini, perkiraan usia kandungan nyaris 38 minggu,
berarti tgl. 25 Sep nanti sudah lewat usia 40 minggu. Apa memang dokternya
tetap akan mengusahakan persalinan normal terlebih dahulu, mengingat
biasanya caesar (yang di-jadwalkan) umumnya ngambil patokan usia kandungan
38 mingguan (mengurangi resiko bayi prematur atau sudah masuk fase
persalinan normal)? Atau memang beliau membolehkan mbak memilih D day nya
setelah tgl. 9 Sep ini?

Menurut saya, 37 minggu usia kandungan (dengan dasar tgl. haid pertama hanya
dari perkiraan dan hasil USG) cukup riskan untuk memastikan apakah janin
sudah siap dilahirkan atau belum (apalagi kalau mbak tidak punya indikasi
medis apa2 untuk segera bersalin).

Mungkin mbak bisa re-konsultasi dengan obgyn yang memang ahli USG untuk
memastikan usia kandungan dan konsultasi lagi dengan DSOG yang menangani
mbak bersalin nanti.

Kalau boleh saran dan memang memungkinkan, bagaimana kalau mbak pilih untuk
antisipasi 'kesibukan (ekstra) pasca bersalin nanti' dengan mencari orang
(mungkin tidak harus orang tua) yang bisa membantu.  Mungkin lebih ke
bantuan untuk handle si sulung, sementara mbak dan suami bisa kerja sama
untuk taking care bayi yang baru lahir.  Ini bukan persalinan yang pertama
kan, mbak?  Naluri dan multi-tasking sang ibu pasti sudah terasah kok ...

Antisipasi seperti ini jauh lebih ringan dibandingkan harus deal dengan
resiko kelahiran bayi yang belum waktunya dilahirkan tanpa indikasi medis
yang mengharuskan si kecil dilahirkan.

anyway, selamat menanti buah hati - do the best for him/her :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

<deleted>

Kirim email ke