sekedar berbagi, kebetulan saat ini saya tinggal di osaka, jepang, artikel
tersebut memang benar adanya. perbedaan pola asuh hingga sistem pendidikan
disini jauh lebih menjurus kepada target dibandingkan di indonesia. pada
usia anak memasuki SD mereka diajarkan untuk menghormati dan  berbagi,
seperti makan bersama sikat gigi bersama sampai aturan naik sepeda ke
sekolah. di jepang, khususnya wilayah toyonaka osaka, ada aturan jarak anak
boleh naik sepeda kesekolah, untuk mereka yang tinggalnya dekat dg sekolah
tidak diperbolehkan naik sepeda, berbeda dengan di indonesia, anak tetap di
antar n di tunggu oleh pengasuhnya hingga kelas 3-4 SD.
konon yang jepang negara yang tidak mempunyai agama lebih sedikit yang
melakukan korupsi dibandingkan dengan indonesia yang katanya 'mengaku'
negara beragama. dalam hal kesopanan terhadap yang lebih tua pun patut
diacungi jempol, mereka umumnya jauh lebih menghargai -walaupun dengan
harajuku style-nya. pejalan kaki dan pengendara sepeda lebih dihormati oleh
pengendara kendaraan bermotor baik mobil or motor, bandingkan dengan
indonesia.
dan masih banyak lagi...
maaf jika kurang berkenan...

rgds