Buat Mbak Ika, Mbak Nia & temen2,

Tes Mantoux itu digunakan utk mendiagnosis penyakit TB,
Saya kebetulan punya artikel ttg TB yg komplit,
saya download dari website Mayo Clinic,
(cuman saya lupa detail penulisan nama websitenya,
mungkin bisa digoogling, sorry, internet kantor sering ngadat)
Artikel yg asli dlm bahasa Inggris & sudah saya terjemahkan ke dalam bahasa
Indonesia,
tapi terjemahan bebas sebebas-bebasnya, he..he...
bahasa Inggris saya amatiran, jadi harap maklum
Di sana diuraikan sangat detail ttg apa itu TB, gejala, pengobatan, dll...
Termasuk Tes Mantoux itu sendiri.
Ntar saya kirim Japri yah (ada 2 file, tapi cukup besar yah : yg dlm bhs
Inggris : 478 KB, yg bahasa Indonesia : 137 KB)
Untuk memudahkan, ntar saya kirim satu-satu biar downloadnya cepet.)
Buat teman2 yg lain yg mungkin perlu, bisa japri ke saya.

Saudara saya ada yg kena TB,
Jadi sedikit ngerti ttg TB.
Ttg tes mantoux, ada dokter yg bilang klo Indonesia itu termasuk endemi,
jadi klo dites, bisa sebagian besar positif,
tergantung masuk kategorinya yg TB aktif atau yg terinfeksi.
Jadi yg sangat mudah didiagnosa adalah yg TB aktif,

Umumnya TB menyerang Paru2, tapi bisa menyerang anggota tubuh yg lainnya.
Klo pada tahap terinfeksi, gejalanya hanya spt batuk pilek biasa,selama daya
tahan tubuh kita bagus, virus TB ini dlm kondisi tdk aktif, dan hasil
rontgent pun juga tampak sehat.
Tapi bila sudah masuk kategori TB aktif yg menyerang paru-paru, biasanya
gejalanya : Batuk2 dalam kurun waktu yg cukup lama (+- 1 bulan),
berat badan turun drastis, keringat berlebihan bila malam hari,
menurunnya nafsu makan secara drastis, jika serangan datang dipastikan demam
tinggi, muka tampak pucat, dan dipastikan hasil tes Rontgent nya nampak
jelas ada flek2 di sana.

Tapi tidak perlu kuatir Mbak Nia, bila memang mengalami gejala2 di atas, yg
penting terapi selama 6 bulan,obatnya ngga boleh putus, karena harus diulang
lagi dari awal, jika tidak, virusnya kebal,

Bisa sembuh, yg penting jaga kondisi & asupan gizinya.Saudara saya sudah
sembuh (padahal dulu sempet bolong paru2 -nya),dan sekarang fine2 aja.

Semoga membantu & Faza cepat sembuh yah sayang.

warmest rgds,

Bunda Rayan

----- Original Message ----- From: <[EMAIL PROTECTED]>