Coba ke Dr. Masrin Munir (Klinik Yurino) di Jl. Ciranjang (no. nya lupa) Jakarta
Selatan. Jl. itu di sekitar daerah Jl. Cikajang. Dari jalan Wolter Monginsidi (arah
Tendean ke Kebayoran) trus belok kanan setelah restoran Pizza Hut Wolter Monginsidi,
kira2 200 mt, ada di sebelah kanan.

Mudah2an membantu.

Santy

"Iqbal, Muhammad (IDN)" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Dear all,

Putri kecil saya Annisa (4,5 th) atas anjuran dokter THT
harus dioperasi di bagian luar telinganya (antara pipi dan telinga).

Gejala awalnya adalah timbulnya bisul yang berulang dibagian tersebut.
Setelah diperiksa oleh dokter spesialist THT, hal tersebut terjadi karena
infeksi
yang disebabkan adanya rongga/lubang kecil dibagian tsb.
Memang dibagian luar telinga Annisa terdapat lipatan kecil (nyaris tidak
terlihat).

Dokter spesialis THT di Hermina Depok, yang pertama saya datangi
menganjurkan untuk dioperasi nanti pada umur 6-7 tahun
(dengan pertimbangan Annisa masih terlalu kecil).
Sambil menunggu waktu tersebut, beliau memberikan salep serta anjuran
untuk menutup lubang tersebut setiap mandi dengan plester.

Pada dokter spesialist THT kedua di RS THT Proklamasi,
mengatakan operasi dapat dilakukan kapan saja
(walaupun tidak mengatakan harus segera).

Terus terang - dengan adanya perbedaan pendapat ini - saya menjadi agak ragu

untuk memutuskan kapan waktu yang terbaik untuk Annisa di operasi.
Disatu sisi saya kasihan melihat dia setiap mandi harus diplester bagian
telinganya
(ketika dibuka agak sakit), sedangkan untuk dioperasi saya khawatir memang
belum waktunya.

- Mungkin Bapak/Ibu ada pengalaman yang sama, saya minta
masukannya/sarannya.
- Saya akan mencoba pendapat dokter THT yang lain, ada masukan ke dokter
spesialist
yang dapat saya minta pendapatnya?

Terimakasih sebelumnya atas masukannya.

Salam,