Dear Mbak Tika,

Sangat mengerti keadaan mbak Tika dan keluarga saat ini. Perkenalkan, nama
saya Rini, ibu dari Jacinda (1 tahun 1 bulan).  Saya sekeluarga punya
riwayat alergi, dan ternyata hal itu menurun kepada Jacinda. Pada saat
peralihan dari ASI ke susu formula, saya saat itu mencoba memberinya dengan
BMT Morinaga...tapi ternyata Jacinda tidak cocok. Lalu saya konsultasi
dengan DSA. DSA menyarankan untuk memberikan susu hypo alergenic (HA) yang
diperuntukkan bagi bayi yang alergi terhadap salah satu kandungan zat yang
ada dalam susu formula biasa. Menurut DSA, di Indonesia hanya ada 3 susu
Hypo Alergenic, yaitu Nan HA 1 (Nestle), Nutrilon HA (Nutricia) dan yang
terakhir Enfamil. Awalnya saya coba Nan HA 1, karena saya pikir susu
Switzerland lebih enak ketimbang susu Holland hehehe...ternyata Jacinda
masih tidak cocok. Pupnya berwarna hijau pekat. Akhirnya saya berpindah ke
Nutrilon HA. Alhamdulillah...sampai saat ini Jacinda cocok dengan Nutrilon
HA.

Sekarang Jacinda sudah 1 tahun 1 bulan, seharusnya Jacinda sudah bisa
beralih ke susu formula biasa, karena Nutrilon HA hanya bisa sampai usia 12
bulan. Kemarin saya sudah coba Bebelac 3 (Nutricia) tapi kelihatannya
Jacinda belum bisa juga karena masih menampakkan gejala alergi yaitu timbul
merah-merah. Untuk sekarang ini saya masih tetap pakai Nutrilon HA dulu
sampai pada akhirnya Jacinda bisa menerima susu formula biasa.

Semoga ini membantu.

Best Regards,
Jacinda's Mom

--