Ibu Maria, Bunda Reva, Ibu Wiwin, Ibu Susan, Ibu Sarawati, Mama Neal, Ibunya Akbar,
Ibu Ade Novita dll

Terima kasih banyak atas sumbangsih sarannya.

Sangat bermanfaat.

Saya akan sampaikan alternatif solusi ini pada tetangga saya.

Berikut saya ringkaskan hasil postinganya.

Kasusnya :

Ada tetangga yang mempunyai bayi berumur 5 bulan akan bepergian dari Jakarta ke Jawa
naik bis AC.

Perjalanan membutuhkan waktu kira-kira 12 jam.

Bagaimana membuat tenang si bayi dan ibunya?

Perlukah diberikan obat penenang bagi bayinya kalau bayi rewel dalam perjalanan?

Tanggapannya :

Ibu Maria :

Pak, mengapa putrinya harus diberi penenang? apakah sulit tidur atau

apa?, kalau hanya mau mengubah pola tidur, biasanya ajak main saja

disiang hari biar siang boboknya sedikit dan malemnya boboknya lama. Tapi

kalau penenang untuk anak yang hyperaktif silahkan dicoba kapsul pegagan

2x1/4  kapsul dicampur madu atau simplisia tumbuhan pegagan 10 gram

direbus dengan 200 cc air agar bersisa 100 cc campur madu dan minumkan 3 x

2 sdk makan saja. dalam 15 hari sudah kelihatan pak hasilnya

Bunda Reva :

duh teganya deh si ibu.. ada sih dsa yg suka kasih LUMINAL kedalam

puyer anak yg sakit, alasannya biar banyak istirahat. nah ada tuh temen

sebelah meja dikantor aku yg setiap anak sakit selalu minta ada luminal dan

antibiotik di obat puyer anaknya. trus sekalinya dia ganti dsa nggak

dikasih tuh dua obat itu langsung deh bilang tuh dsa jelek hehehe. kesian deh

tuh dsa padahal dia yg bener kali ya.. gara gara nih ibu gelo jadi mati

karir dia. hahaha

kalau dsa reva pernah bilang gini waktu aku ngeluh aduh reva nih sakit

sakit nggak mau istirahat deh bergerak terus, eh malah diginiin ibu... bagus

dong anaknya biar sakit tetep aktif, anak aktif itu tanda sehat, saya sih

bisa aja kasih obat kalau ibu mau anaknya jadi diem."

bilangin aja ama tetangganya banyak cara buat anak tdk rewel asal kita

tau apa kebutuhan bayi, haus? popok basah? suntuk? bawa mainan, bawa tape

setel lagu kesukaannya.

kalau masih menyusui si ibu makan sayur kangkung aja.. kali aja asinya

jadi mengandung obat tidur yg katanya ada di sayur kangkung.

Ibu Susan :

Ayah Salma,Kalau Jacqueline waktu kecilnya suka bangun dan nangis

malem, trus sama susternya dianjurkan kasih obat Cina namanya KE HONG

SAN, nah obat ini ternyata bagus banget lho bisa untuk flu,demam,dll.Malah

setelah tau obat itu setiap kali anak saya sakit saya cuma memberikan

anak saya obat itu karena ga ada efek sampingnya.Untuk dosis yang tepat

bisa ditanyakan sama toko obat yang menjual obat tersebut. Susan

Ibu Yuliana :

jangan dikasih penenang deh pak,..

saran saya buat tetangga bapak sih, solusinya bukan babynya dikasih

obat penenang, mungkin salah satunya bisa ambil alternatif jangan naik bis

pulang kampungnya, naik kereta api misalnya, kalo di kereta anaknya rewel kan

masih bisa digendong dibawa jalan2 di atas kereta,..  trus bisa pilih yang

perjalanan siang, jadi si baby bisa liat2 pemandangan dari jendela

Ibu Saraswati :

mungkin klo memang perlu sekali memberi penenang... pernah coba air

pala? rebus 1/4 or 1/2 butir pala dengan air secukupnya.... air tsb

diminumkan (dicampur dng susu formula)..

Mama Neal :

kalo gak salah dulu pernah ada ya yg sharing ngasi penenang buat

anaknya saat dibawa naek pesawat dengan perjalanan yg cukup lama banget?

reasonnya ya biar sang anak jadi dapet cukup istirahat.. moms..ada yg masih

keep summarynya?

Ibunya Akbar :

Pengalaman adik saya tahun lalu, pas lebaran dia mudik ke Sragen bawa

mobil sendiri (sedan agak tua).  Waktu itu dia membawa anaknya yg baru

berumur 2 bulan.  Sepanjang perjalanan anaknya nyusu ASI.  Kadang2

disedot, kadang2 enggak.  Mungkin untuk ketenangan & kenyamanan saja.

Ternyata memang tidak rewel.  Menurut saya, yang penting kita harus tahu

bagaimana agar si anak nyaman.  Mungkin kalau bisa naik KA yg AC, lebih

baik dibanding bus yg AC.  Karena di KA kalau bayinya suntuk bisa diajak

jalan2 & lampunya juga terang.  Kalau di bus 'kan lampunya remang2.

Lebih baik yg alami saja tak perlu pakai obat macam2.  Kayaknya kasihan

banget anaknya, lagipula kesannya ortunya males repot. Memang resiko

bawa anak kecil susah ditebak.  Tapi anak pasti rewel kalau kepanasan,

kedinginan, perut kembung, pakaian tak nyaman & juga suasana hati orang2

di dekatnya yg tak nyaman kadang2 membuatnya juga tak nyaman.