From: Yenni Afrianti [mailto:ye...@toyota.astra.co.id]
Sent: Wednesday, April 01, 2009 8:58 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: RE: [balita-anda] Perbedaan Kumon,Sakamoto,I Maths,E Nopi

Ikutan ah.....

Menurutku Kumon membosankan dan seyogyanya metode ini bisa kita terapkan
di rumah dengan memberikan soal2 latihan ke anak, intinya di Kumon anak
setiap hari mengerjakan soal dengan dibatasin waktu ;-)

3 bulan ikut les ini Naufal minta berhenti, padahal sebelumnya minta les
Kumon terus ;-(

Setelah itu anak2 ga diiuktkan les lagi kecuali bhs Inggris ;-)

Untuk metoda baca menggunakan buku yang mirip iqro', tidak pakai system
eja kayak kita dulu, belajarnya juga sambil main, sambil cerita, baca
satu suku kata ntar anaknya mengembangkan kata2 lain yang nyambung
dengan yang dia baca, alhamdulillah sekarang Nadhif yang TK A udah
lancar membaca.

Anakku ke 3-3nya laki2, sepertinya emang beda dengan perempuan (lebih
tekun), kalau anakku belajar banyak sambil mainnya, belajar 10 menit
ngapain2nya 10 menit juga, kalau Naufal (kelas 5 SD), duduk belajar di
meja, 10 menit bertahan setelah itu keluar masuk kamar ngambil minum,
nyolak nyolek adik, dsb-dsb....gitu terus sampai jam belajarnya abis
(jam 19.00 - 21.00)

Nabil (kelas II SD), jam belajarnya sama, belajar 10 menit, selingan
bikin2 origami, bikin grassgear dari kertas, utak atik pinsil, raut sana
sini, setelah itu belajar lagi, belum mau minumnya, dsb-dsb, gitu terus
sampai jam belajarnya abis.

Nadhif TK A belum di fokuskan belajar, Cuma ikut2an abangnya aja yang
belajar, main tebak2an, baca2 buku yang dia mau, mewarnai yang dia suka,
dsb-dsb.....tapi kalau ada maunya belajar bacanya rajin banget ;-)

Sejauh ini sih semuanya berjalan lancar, namanya anak2 selagi dia
tanggung jawab pada pelajarannya, tugas2 sekolahnya, buatku sudah sangat
bagus yah.....