From: novita lidiawaty [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, November 10, 2003 10:49 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] empeng bikin mulut anak monyong ??

Selamat pagi Bu Vinke,
bukan mau belain si "empeng" yah Bu...,
empeng dibuat sedemikian rupa agar tidak ada celah untuk keluar masuk udara, kan
diujung si"empeng" itu tertutup. Kecuali kalo empengnya udah sobek atau bolong, baru
dapat menyebabkan kembung (karena ada udara yang keluar masuk).

jika anak tidak merengek minta empeng, yah sebaiknya jangan diberikan. Sejauh ini DSA
saya tidak melarang penggunaan empeng, hanya saja kebersihannya harus sangat
diperhatikan (1x/hari di rebus & sebisa mungkin tertutup jika sedang tidak digunakan).

kenapa bayi anteng saat ngempeng? karena saya pernah baca pada satu artikel, bahwa
bayi mendapat kenyamanan saat mulutnya sedang menghisap. Itulah cikal bakal diciptakan
empeng.

Mengenai empeng dapat menggangu pertumbuhan gigi, saya rasa tidak yah Bu.
Menurut pengalaman kami sekeluarga, alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan normal.

Mudah2an berkenan.

salam,
Opi-Mama Syifa

[EMAIL PROTECTED] wrote:

Kalo bikin mulut monyong sih enggak bu. Mungkin kalo menghambat dan
mempengaruhi pertumbuhan gigi, iya.
Lebih baik nggak usah pake empeng, soalnya belum ditemukan tuh manfaat dari
empeng. Lagipula, itu kan cuma isep-isep udara yang bisa bikin perut
kembung gitu.. (cmiiw)

"Deasy"

et> cc:
Subject: [balita-anda] empeng bikin mulut anak monyong ??
10/11/2003 08:41
AM
Please respond to
balita-anda

pagi mom's and dad's

minta tolong nih kasih pendapat ... anakku kalo mau tidur selalu disertai
dengan nangis kadang kenceng banget sampe suaranya ilang ... nah oleh ibu
mertua disarankan dikasih empeng, padahal aku tidak setuju dgn empeng ..
yang katanya bisa bikin mulkut bayi monyong dan menghambat pertumbuhan gigi
.. bener gak ya ?? trus kira2 solusinya apa ya ? habis tadi pagi mertua
udah beliin empeng ....

thanks b4

The information transmitted is intended only for the person or entity to
which it is addressed and may contain confidential and/or privileged
material. Any review, retransmission, dissemination or other use of, or
taking of any action in reliance upon, this information by persons or
entities other than the intended recipient is prohibited. If you received
this in error, please contact the sender and delete the material from any
computer.