Wah..jadi jelas deh sekarang..thanks ya moms untuk sharing dan saran2nya.
saya akan coba latih Manda makan makanan yang ga melulu di blender...

Thanks all,
Bunda Manda

Sylvia Radjawane <sylvia.radjaw...@gmail.com>
19/08/2009 12:01 PM
Please respond to
balita-anda@balita-anda.com

balita-anda@balita-anda.com
cc

Subject
Re: [balita-anda] Stop Bubur Saring

Hi mbak Dewi,

Usia 8 bulan sudah boleh kok dikenalin bubur tim yang teksturnya dibuat
kasar secara bertahap.  Targetnya, usia 1 tahun si kecil sudah bisa
makanan
keluarga.
Nggak berpatokan dengan ada tidaknya atau sedikit banyaknya gigi. Please
note, gusi baby itu cukup kuat untuk mengunyah makanan sesuai usianya.

Saya cukup strict dengan tahapan jenis dan tekstur makanan untuk ketiga
anak
saya (yang bontot masih ASI eksklusif), padahal semuanya baru numbuh
giginya
setelah usia 1 tahun.
Berdasarkan pengalaman pribadi, setelah tahap usia 1 tahun mereka kenal
table food (tentu dengan bumbu/rempah yang disesuaikan jumlah dan
jenisnya)
- mereka cukup tidak bermasalah dengan makanan utama, tidak mengenal fase
'mengemut' makanan, juga indikasi 'picky eater' bisa lebih diminimalkan.

Sekadar sharing, kemarin waktu ada acara 17 Agustusan di kompleks rumah
saya
dan 'akhirnya' bisa ketemu sesama moms yang mostly career women, saya
amati
ternyata nggak sedikit anak-anak sebaya Aleta (18 bulan - 2 tahun) yang
makanannya masih di-blender. Hasil ngobrol dengan para ibunya, ternyata
memang sering sekali pengenalan makanan padat dengan tekstur yang dibuat
lebih kasar secara bertahap hingga baby menjelang usia 1 tahun
di-skipped.atau tidak dilakukan.

So, mumpung si kecil belum 1 tahunan, coba deh pengenalan bertahap ini. At
least, anak- anak kelak bisa makan apa saja dan di mana saja :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

2009/8/19 <dewi.setianing...@axa-mandiri.co.id>

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Disclaimer:
This email and any files transmitted with it is confidential and intended
solely for the use of the individual or entity to whom they are addressed.
The material contained herein is not offered as advice on any particular
matter and does not necessarily reflect the view of AXA Mandiri Financial
Services. Any unauthorized disclosure, use or dissemination of the
content, either whole or partial, is prohibited. If you are not the
intended recipient of the message, please notify the sender immediately.

Kirim email ke