mo sharing dikit ttg kesehatan anak...

anak gue (astrid, skg 3 th 3 bulan) waktu umur 5 bulan pernah terkena
reccurrent UTI (Urinary Tract Infection), atau yg biasa disebut Infeksi
Saluran Kemih (ISK) berulang.

Kemaren sabtu sejak jam 10 pagi, pipis warna coklat tua (tua bgt, kayak teh
kentel)... jam 12 pipis lagi masih cok tua... jam 3 masih cok tua...  gua
perhatiin dari warna pipisnya, gua yakin bukan karena darah (pipis bercampur
darah), tapi karena memang pipisnya udah warna coklat tua.... dan tidak ada
bau menyengat.

dan menurut eyangnya, astrid gak pernah makan aneh2....filing gua juga nih
anak sehat2 aja... secara masih pencila'an bin menyebalkan kalo dah nakal ;)
.... tapi karena si eyang dah keliatan stress (beliau takut kasus ini
menyangkut ke penyakit ISK berulang waktu kecil dulu), akhirnya gua putuskan
untuk cek kultur (nanti akan ketahuan kalo tindakan gua bener2 boros biaya)
lgsg ke lab prodia..

KArena si anak dah gampang disuruh pipis, pengembilan sample lgsg di toilet
(gak perlu pakai alat penampung steril yg ditempelin di vagina)... pipis
keluar masih coklat tua... terus gua berinisiatif untuk bener2 gua cium
(nyari bau)... ternyata bau bawang goreng...

gua akhirnya tanya lagi ke eyangnya, "astrid makan bawang goreng berapa
banyak akhir2 ini?" dan eyangnay baru keinget kalau seminggu terakhir si
anak makan bawang goreng (digadoin) 1 toples bisa habis dalam 2-3 hari....
katanya makan jadi lebih gampang sejak ngemil bawang goreng....ya
oloooooooooo, dah bayar 330rb tnyata cuma kasus bawang goreng..

dan bener aja, setelah gua paksain minum air putih banyak, pipisnya
berangsur2 jadi bening bgt...

moral of the story:

1. Apapaun yg berlebihan pasti akan ada efek sampingnya.
2. apapun yg terjadi pada tubuh anak (terutama pada balita), teteplah
berpatokan pada behaviornya...
3. Untuk ngecek ISK, belum perlu lgsg ke urin kultur (mahal booo, sekitar
275 - 300rb), mending urin rutin dulu aja, kalau hasil urin rutin positif
bakteri, baru cek urin kultur.
4. Kalau ada perubahan warna urin yg abnormal, bener2 pastikan dulu bahwa
warna yg berubah bukan karena apa yg dikonsumsi si anak.

END.

Kirim email ke