Mengenai tidak dilewatinya fase merangkak, saya punya perbandingan yg cukup banyak.
Ponakan pertama saya, dari duduk langsung berdiri (umur 8 bulan udah bisa jalan, tanpa bantuan baby walker). Motorik kasarnya ok banget bahkan cenderung hiperaktif.
Ponakan kedua, dari duduk juga langsung jalan. Umur 8 bulan kalo ditengkurepin malah nangis. Maunya didudukin aja. Belajar jalan dengan bantuan babay walker. Motorik kasarnya kurang berkembang dengan baik.
Anak pertama saya, dari duduk, merangkak cukup lama, baru berani jalan di usia 14 bulan. Motorik kasarnya lumayan bagus dan cenderung normal dibanding anak seusianya.

Tapi kalo ditanya masalah konsentrasi, saya rasa tidak adil klo membandingkan ketiganya karena masing2 diasuh oleh orang tua yang berbeda. memang kalo dibanding kakak2nya (2 ponakan saya lainnya) anak saya lebih bisa berkonsentrasi dan udah mahir main mainan edukatif semacam Logico Rondo. Tapi menurut saya itu belum bisa secara langsung di hubungkan dengan dilewati/tidak dilewatinya fase merangkak.
Kebetulan anak2 ini belum ada yg sekolah. Jadi tidak bisa diketahui secara umum bagaimana tingkat konsentrasi mereka.
Anak kedua saya tampaknya juga gak melewati fase merangkak. Karena di usianya yg sudah 9 bulan, dia sama sekali tidak ada keinginan untuk bergerak maju bila diposisikan tengkurap. Muter2 sih iya. Tapi maju/mundur sama sekali ogah. Mungkin karena BBnya yg 10 kg jadi pantatnya berat kali ya :)
DSAnya bilang latih aja dengan baby walker, supaya mau jalan/berdiri. Dan ternyata kalo pake baby walker dia mau bergerak2 sedikit. Walaupun tetap harus dirangsang dulu supaya mau gerak.
Begitu sharing saya. Ada yg mau sharing lagi? KArena saya juga mulai cemas dengan anak kedua saya ini.
Tnx b4

Mama Tosan & Ruru