From: melisa oktavia <melisaokta...@gmail.com>
To: balita-anda@balita-anda.com
Sent: Wed, December 30, 2009 4:54:58 PM
Subject: Re: [balita-anda] Please sharingnya... babyku masih nggak mau makan..

Mbak,..
Ngasih makan baby tuh susah-susah gampang. Tiap anak punya taste yg berbeda
dan penangannya beda-beda. Bisa aja yg terjadi ya:
1 Kalo mbak selama ini nyusuin dia, coba pas makan jangan mbak yang ngasih
makan. Soalnya baby mbak lebih nyaman mengenyangkan diri dengan ASI, jadi
kalo ketemu mamanya, maunya nenen aja, gak mau makan.

2 Bisa sebelumnya trauma juga, pas lagi enak2nya nyantai dipaksa makan. Buat
anak-anak seusia itu makan lebih banyak ke pengenalannya mba, jangan dipaksa
harus menghabiskan. Bisa masuk 3-4 sendok aja udah lumayan, pelan-pelan baru
ditingkatkan porsinya.

3 Taste juga ngaruh,..kalo terbiasa makan buah yg manis, bubur instan yg
manis, selanjutnya dia akan lebih prefer makan yg manis atau gurih banget.
Biasanya yg udah terbiasa instant nanti akan menolak home made. pertamanya
saya gak percaya lho baby bisa membedakan rasa, tapi setelah saya coba ke
anak saya yg kedua, dia prefer makanan yg asin dan gurih ketimbang manis.
Akhirnya di usia 10 bulan kurang saya udah kasih garam dikit ke lauknya
hueheheh,..padahal garam baru boleh setelah anak usia 12 bulan ya.

4 Suasananya gak nyaman. Mungkin dia gak suka didudukin di baby chair. Lebih
suka makan sambil main atau ngerangkak kesana kemari.

Banyak faktor sih yg membuat anak nolak makan mba, insting ibu lah yg bisa
menjawab. Tapi variasi makanan yg mba berikan udah bener tuh, tinggal
menguasai tips trick lainnya aja. Anak2 saya dulu susah makan mba, mereka
lebih senang makan dikit tapi sering. Akhirnya sehari saya bikin 5 x jadwal
makan. 3 berat dan 2 snack diluar buah dan susu. Yang kecil agak mendingan
makan kalo disetelin TV hueheheheh,....kebiasaan buruk tapi agak membantu
dia jadi mau duduk dan makan.

Keep trying, jangan patah semangat. Perjuangan soal makan ini masih panjang
lho hihihi. Banyak problema seperti mau makan yg diblender aja, gak mau
makan sayur, dll. Klinik picky eater itu lebih cocok buat toddler, kalo
masih baby sih belum penting. Kan makanan utama anak dibawah usia 12 thn
masih ASI/ sufor.