--- Pada Kam, 14/1/10, Sylvia Radjawane <sylvia.radjaw...@gmail.com> menulis:

Dari: Sylvia Radjawane <sylvia.radjaw...@gmail.com>
Judul: Re: [balita-anda] Tanya : disentri sudah 12 hari?
Kepada: balita-anda@balita-anda.com
Tanggal: Kamis, 14 Januari, 2010, 7:38 AM

Hi mbak Rena
( ... jadi ingat sama anak saya ;))

Asumsi saya, diagnosa disentri Ali waktu dirawat di RS juga sudah
dikonfirmasi lewat uji lab feses-nya, apa memang penyebabnya bakteri
(disentri basiler) atau amuba (disentri amuba).

Umumnya, setelah treatment oral beberapa hari, biasa dilakukan cek ulang
untuk  feses secara lengkap untuk mengetahui hasil treatment-nya. Apa
prosedur ini sudah dilakukan, mbak?  Karena umumnya obat semacam _Flagyl_
(Metronidazole) tetap punya batas dosis dan lamanya hari untuk dikonsumsi.

Nggak lagi demam dan demam tinggi (biasanya ini pertanda infeksi masih
berlangsung) .. itu sudah pertanda baik, mbak :)  Tubuh Ali sedang mulai
recover ke kondisi semula.  At least, mbak tinggal fokus dengan masalah
recovery pencernaannya.

Masalah makan jadi susah, BB jadi turun, dll. umumnya memang impact dari
anak yang baru sakit berhari-hari, apalagi menyangkut infeksi pencernaan
seperti Ali.  It will take time, observe dan tetap rajin tawarkan asupan
bergizi untuk Ali.  Kadang memang mbak perluk usaha ekstra untuk menyajikan
jenis makanan yang 'baru', sehat sekaligus disukai Ali pada saat seperti
ini.

Masalah Ali yang masih suka kesakitan saat BAB, coba observe lagi.  Apa itu
karena 'efek' dari BAB yang terus-terusan sebelumnya (BAB sampai 30x sehari
dan mungkin lebih dari sehari ngalaminnya, bisa juga membuat anusnya sedikit
sakit dan kegiatan BAB jadi tidak nyaman).  Kalau setelah diobserve, Ali
memang masuk kategori ini, mungkin memang butuh sedikit waktu lagi untuk Ali
benar2 recover.  Fokus terus dengan asupan makanan bergizinya, perbanyak
terus cairan yang masuk tubuh, juga jaga kebersihan tangan selalu buat Ali
juga orang serumah lainnya.

Sebaliknya, dengan uji ulang feses Ali saat2 ini, bisa diketahui apakah
treatment yang sudah dijalani sukses atau nggak (sekaligus konfirmasi apakah
bercak darah samar di fesesnya itu memang karena luka akibat keseringan BAB
atau memang 'biang keladi' disentrinya belum KO).

Umumnya, diagnosa disentri yang sudah diketahui penyebabnya (bakteri/amuba)
lalu sudah coba dilakukan treatment dengan obat oral dan masih belum sembuh
juga, perlu dikaji ulang apa memang obat oralnya belum 'tepat' jenisnya atau
obatnya sudah 'tepat' tapi bakteri/amuba nya sudah 'kebal'.  Kalau
kondisinya seperti ini, dokter yang menangani Ali bisa melakukan test
penunjang medis ulang juga alternatif obat yang lain.

Btw, kejang demam kemarin apa memang yang pertama kali?
Kalau diperlukan, konsultasikan juga dengan dokternya - apa memang perlu
menyimpan obat diazepam (mis. _Stesolid_) di rumah, kalau di lain waktu
resiko yang sama berulang saat daya tahan tubuh Ali sedang tidak fit dan ada
indikasi demam.

semoga Ali cepat sembuh, ya mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

2010/1/14 Rena Aja <rena_aja...@yahoo.co.id>

> Mohon info-nya dong..
>
> Putra saya, Ali, 4 tahun, diare dan panas tinggi 12 hari yl.
> panasnya lebih dr 39.3 C sampai bikin Ali step :(
> akhirnya di rawat di RS & hasil diagnosa dokter Ali terserang disentri.
> Di rumah sakit di beri cairan infus, dan obat2n sanmol, luminal (anti
> kejang), lacto-b & flagil.
> Pas suhunya normal, sanmol & luminal di-stop.
> setelah 4 hr dirawat pulang, masih diterusin lacto-b & flagil.
> hari ke-7 kontrol lacto-b di-stop, flagil diterusin, tambah tribost.
> sekarang sdh hr ke-12, masih minum flagil + tribost.
> [...]

      Lebih aman saat online. Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih
cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis.
Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer/

Kirim email ke