Hi mbak Mira,

Salah satu tips-nya: rajin ajak ke kamar mandi untuk BAK secara periodik,
juga di antara waktu bermain rajin ingatkan, "kalau mau pipis atau BAB
bilang, ya" :).  Kalau perlu, 'ngarang' rhyme tertentu yang isinya mengajak
anak2 untuk bilang sebelum BAK/BAB (saya punya aneka lagu/'rhyme' semacam
ini dan sebagian besar nggak bisa diulang lagi ;))

Sebelum tidur malam, pada session gosok gigi, kenalkan juga 'ritual' BAK.
Kalau saat ini waktu tidur masih dikenakan diapers, setelah bangun dan
diperiksa diaper-nya kering, ajak ke kamar mandi dahulu untuk BAK. Biasanya,
setelah kegiatan ini tuntas, saya sering juga bilang: "nyaman banget kan,
BAK/BAB tanpa perlu jadi kotor celana-nya. Sudah bersih dan siap untuk
sarapan/main/etc. deh"

Saya pribadi mengajarkan toilet-training saat anak menjelang usia 2 tahunan
atau 2 tahun ke atas.  Biasanya, salah satu parameternya: mereka sudah mulai
belajar mengerti arti 'menahan' BAK/BAB (seiring dengan kemampuan otot2nya
kandung kemihnya), kosa kata dan pengertian mereka sudah lebih luas untuk
menangkap 'training' kita, kemampuan motoriknya untuk duduk dan beranjak
dari closet pun sudah lebih OK.  Umumnya, nggak pakai waktu lama untuk
menguasi skill ini.  Bahkan bisa sekalian belajar untuk melepas dan
mengenakan kembali pakaian (dalam) mereka sebelum dan sesudah kegiatan
BAB/BAK.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke