Dear Parents,

Anak saya umur 14 bulan baru menjalani test mantoux
dan timbul ruam merah2 dgn benjolan sekitar 13 mm.
Menurut diagnosa DSA saya, anak saya positif TBC.
Tetapi saya lihat DSA-nya masih ragu2 memutuskan
karena menurut beliau,imunisasi BCG sendiri juga bisa
menyebabkan benjolon pada hasil test mantoux.
Hasil rontgen menyatakan kesan broncho pneumonia.
Hasil test darah VCR TB menyatakan negatif.

Masalahnya saya sendiri gak yakin anak saya terkena
TBC. Jika harus menjalani terapi
selama 6 bulan, kasihan juga ama anak saya jika
ternyata diagnosa DSA salah.

Apakah ada metode pengujian yang bisa memastikan 100%
bahwa seorang anak mengidap penyakit TBC atau enggak?
Kesan yang saya nangkap dari DSA saya adalah masih
bersifat diagnosa.
Apa efeknya jika si anak tetap menjalani terapi selama
6 bulan tetapi ternyata anak tsb tidak mengidap TBC ?

Mohon sharing dari anggota milis yang lain. Terima kasih.