Dear All,

Selamat pagi,

Sekedar sharing... mungkin bisa ini out of topik, tapi menurut saya ini perlu dibahas lebih lanjut, sekaligus sebagai self kritik bagi kita semua.

Saya hanya ingin menyoroti soal asuransi....
Sampai hari ini kata-kata "asuransi" maish saja menjadi hal yang sangat sensitif kalau tidak boleh dikatakan tabu.... dan selalu konotasinya jelek...

Menurut saya, sebenarnya tidak ada yang salah dengan asuransi, karena prinsip asuransi adalah menanggung bersama-sama kerugian, kerugian yang kemungkinan kita alami, kita tanggung bersama-sama dengan mengumpulkan premi. Pada perkembangannya kemudian hasil pengumpulan premi tersebut, kemudian diinvestasikan dan hasilnya juga dibagi setelah waktu yang disepakati.... tentu saja dalam hal ini investasi juga mengandung resiko... high risk - high return....

Lalu mengapa asuransi dipandang jelek.... menurut saya lebih pada tata cara penyampaiannya.... hal ini sama juga dialami oleh sistem MLM..... Team Marketing Asuransi, yang kalau kata orang boleh dibilang "muka tembok", sehingga tidak melihat situasi dan kondisi si calon nasabah/konsumen ini yang lebih membuat rang cenderung paranoid....

Padahal secara nyata , keberadaan asuransi ini sangat bermanfaat, lepas dari perdebatan sistem yang digunakan.

Jadi menurut saya, cara penyampaian - marketing inilah yang harus dibenahi... selama ini prinsip mereka "mau ya syukur" - " tidak juga gak papa" - "namanya juga usaha"..

Sebagai contoh, maaf mungkin e-mail dari Mbak Lia Ginting ini, tanpa ada pengantar yang jelas, tiba-tiba mau memberikan ilustrasi tentang biaya kuliah, meskipun akhirnya tidak bisa terbaca, karena ketenutuan tidak diperbolehkan memberikan lampiran/attachment. Dan setelah itu tidak berusaha menjelaskan lagi yang baik.

Mohon maaf, saya bukan praktisi asuransi, tetapi saya nasabah salah satu perusahaan asuransi, dan waktu itu tidak ada yang menawarkan ke saya, tetapi karena saya perlu dan memutuskan membeli produk asuransi setelah mencari informasi dari banyak sumber. Mungkin kalau ada yang nawari justru tidak mau...

"Jika seseorang terpanggil menjadi tukang sapu jalan, hendaknya ia menyapu jalan sebagaimana Michaelangelo melukis atau Bethoven mencipta musik atau Shakespeare menulis puisi. Hendaknya ia menyapu jalan dengan sangat baik sehingga segenap isi surga dan bumi serentak menghentikan kegiatan mereka dan berkata, disini tinggal seorang penyapu jalan yang agung, yang menjalankan tugasnya dengan sangat baik." (Martin Luther King)

Demikian, terima kasih dan mohon maaf jika kurang berkenan..

Wassalam
Bunda Litha - Pasha

----- Original Message ----- From: "Icho Ahmad" <icho2...@gmail.com>