Hi jeng Dini,

Wow, congratulations, ya .. untuk kehamilannya :)

Kasusnya hampir mirip sama saya.  Jarak kelahiran Aleta dan Luigi juga
selisih 15 bulan.

Kalau untuk kasus saya, biasanya saya cermati dulu kondisi kehamilan (kalau
perlu konsultasikan juga dengan DSA). Dulu waktu hamil anak ke-2 dan ke-3,
terpaksa kakaknya di sapih karena memang mengalami minor bleeding di
trimester pertama kehamilan.

Nah, waktu hamil Luigi - ternyata nggak ngalamin masalah.  Terus juga karena
emaknya rada nggak tega sapih Aleta, jadi ya tetap kasih ASI ke Aleta selama
kehamilan adiknya :) Dulu keingetnya, 'waduh .. kasihan juga baru lepas masa
ASI eksklusif sudah harus disapih' hehe
Untungnya, tubuh ikut 'bekerja sama', 'minor bleeding' yang biasa jadi
'langganan' di hamil muda nggak kejadian lagi.

Dua hari sebelum bersalin, sempat bilang sama Aleta kalau nanti ASI nya
dikasih juga buat adik.  Dua hari itu juga Aleta sempat nggak tidur lagi
sama saya, dia lagi asyik-asyiknya tidur bareng sama kakak-kakaknya.  Jadi 2
hari itu ditambah 2 hari 'berpisah' karena saya bersalin di RS, pulang ke
rumah malah sudah nggak mau lagi dikasih ASI.  Jadi Aleta 'disapih' tanpa
'terlalu banyak usaha' usia 15 bulan 12 hari.

Jadi mungkin, observasi dulu aja kehamilan jeng Dini, lihat juga
kesiapan/ketidak-siapan jeng Dini dan Farah untuk issue weaning atau
planning terus menyusui or malah berlanjut ke agenda 'tandem' menyusui ...
and let's see ... :)

take care of your pregnancy, ya jeng :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke