benerrr..:-)

aky tambahin tulisan aku ttg kebutuhan makan anak BATITA yaaa

http://oetjipop.multiply.com/journal/item/342/Pahami_kebutuhan_makan_anak_batita_.
..

Waktu makan idealnya sebagai saat yang menyenangkan.
Makan jangan hanya sekedar memenuhi rasa kenyang maupun memenuhi kebutuhan
nutrisi anak.

Upaya yang bisa ditempuh adalah:

   - tidak memaksa batita untuk makan, dengan memaksa anak makan akibatnya
   anak semakin menolak untuk diberi makan; karena sebenarnya batita normal
   mempunyai naluri yang kuat dalam mengendalikan apa dan berapa banyak makanan
   yang mesti masuk ke tubuhnya
   - pastikan posisi yang nyaman saat makan
   - selagi bisa kurangi kegiatan yang menganggu perhatiannya untuk makan
   - bangkitkan semangat batita untuk menikmati makanannya, misalnya dengan
   mengajaknya makan bersama sambil menampakkan ekspresi gembira dan menikmati
   makanan yang ada, jangan samapi mengiming-imingi sesuatau atau bahkan menipu
   agar anak mau makan misalnya dengan berkata,”Ini suapan terkahir, habis ini
   kita pergi, ya..”

Waktu makan bisa digunakan sebagai kesempatan untuk belajar bagi anak di
mana anak bisa belajar kebiasaan makan yang baik dengan makan bersama
anggota keluarga.
Tentunya kebiasaan makan bersama yang  baik ini dimulai dengan menerapkan
rutinitas makan sejak dini, makan bersama di ruang makan dengan suasana yang
tenang dan bersahabat.

Dari rutinitas makan tersebut anak batita bisa belajar dari mengamati
anggota keluarga lainnya bagaimana menggunakan alat makan, bagaimana minum
yang benar ataupun  belajar bersosialisasi bahwa acara makan itu dengan
tertib duduk di meja makan bukan dengan berari-lari atau digendong.

Secara tidak  langsung pula dengan makan bersama acara si anak batita bisa
semakin mengenali jenis makanan, mulanya pasti anak ingin bereksperimen
mencoba makanan yan dikonsumsi keluarga lainnya harapannya keluarga bisa
menerapkan makan makanan yan sehat sehingga saat usia anak bertambah anak
semakin kenal jenis makanan dan terbiasa makan makanan tersebut.

Orang tua perlu juga mempelajari kemampuan anak menerima asupan makanan,
mengingat pada masa batita lambung anak belum bisa mengakomodasi porsi makan
3 kali sehari seperti orang dewasa – maka tidak ada salahnya anak makan
dengan porsi kecil tetapi lebih sering, toh bila merasa kurang si batita
akan memberi sinyal untuk menambah porsi makannya.

Pahami pula kemampuan perkembangan makan bayi dan batita sehingga jenis,
tekstur, frekwensi pemberiannya disesuaikan usia dan perkembangan anak.
Sebisa mungkin buat jadwal pemberian makanan dan cemilannya yang tepat dan
dalam suasana yang menyenangkan.

Jangan berikan susu atau asuan cairan lainnya seperti jus secara berlebihan.

Susu untuk anak di atas satu tahun bukan lagi kebutuhan utama, susu
dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya, cukup 2-3 cangkir susu
kira-kira 500-700ml  (atau 2-3 porsi susu dan produk susu olahan) per hari.
Apabila kelebihan maka si batita akan merasa kenyang sehingga enggan
mengkonsumsi makanan.
Terlalu banyak mengkonsumsi jus buah juga menghilangkan napsu makan anak,
bahkan terlalu banyak mengkonsmsi jus buah bisa juga mengakibatkan diare.

Masa batita membutuhkan kalori lebih sedikit dari masa bayinya maka tidaklah
heran pada masa batita orang tua sering merasa asupan makan anaknya
berkurang.
Jangan kuatir ini adalah hal yang alami, tidak perlu panik dan takut anak
menjadi kurang gizi karena susah atau berkurang makan.

Di sisi lain asupan lemak dalam makanan sangat dibutuhkan sampai anak
berusia 2 tahun. Setelah anak menginjak usia 2 tahun asupan lemak bisa
dikurangi secara bertahap berusahalah untuk meningkatkan asupan sereal,
sayuran dan buah-buahan.
Misalnya bisa dengan memilih susu atau produk susu olahan yang rendah lemak
(low-fat) serta  menghindari/mengurangi cemilan berlemak seperti kentang
goreng.

Hal lain yang juga banyak terjadi adalah kekurangan zat besi atau
anemia seringkali
ditemukan pada anak batita yang berdampak pada perkembangan kesehatan dan
pertumbuhannya, maka perlu diperhatikan pemberian makanan kaya zat besi
seperti daging, unggas, ikan, dan sereal.

Yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa pemberian makan kepada anak adalah
tanggung jawab keluarga bukan tanggung jawab pengasuh. Maka sebisa mungkin
orang tua (ayah-ibu) perlu terlibat memberikan makan atau mendampingi anak
makan, minimal sehari sekali atau lebih akan lebih baik.(Uci mamaKavin+ija)

Sumber:
Breastfeeding and Family Foods: Loving and Healthy. Feeding other foods
while breastfeeding
is continued http://www.waba.org.my/wbw/wbw05/actionfolder.pdf
http://www.sehatgroup.web.id/artikel/1409.asp