Kayaknya usia segitu lg dalam fase mengenal anatomi tubuh ya...aby jg sempet
begitu,malah sengaja buka celana depan aku/suami.
Waktu itu sih aku nanggepinnya,"Kakak...malu dong,masa penis dimaenin..."
Lama2 brenti sendiri kok.
Ini ada artikelnya :

Penis Si Kecil Gemar Di Pegangi,Kenapa?

Posted by tom in KESEHATAN on 02 14th, 2010 | no responses

Bila Anak Kecil Suka Memegangi Penisnya

Anak, bahkan balita, terkadang punya kebiasaan memegangi alat kelaminnya. Fase
ini dikenal sebagai fase genital. Akan tetapi, menurut Roslina Verauli M Psi,
psikolog klinis anak dari RS Pondok Indah, Jakarta, yang dilakukan si kecil ini
tak selalu mengarah pada masturbasi atau upaya mencari kenikmatan dengan
merangsang alat kelamin.
“Ada dua hal yang bisa menyebabkan anak sering memegang alat kelaminnya. Bisa
gatal karena kurang higienis atau memang mengenal rasa nikmat dari alat
kelaminnya,” papar Vera.
Jika dibiarkan, lama-lama hal ini akan menjadi kebiasaan. Nah, berikut beberapa
hal yang bisa dilakukan para orangtua untuk menghentikan kebiasaan anak
memegang alat kelaminnya,

1. Tanyakan dengan Lembut. Mengapa anak suka memegang alat kelaminnya? Dengan
menanyakan alasannya, orangtua bisa mengedukasi anak, apa yang dilakukannya itu
tidak baik.

2. Peluk dan Beri Perhatian. Ketika anak mendapat cukup perhatian dan
berinteraksi mesra dengan orangtuanya, praktis ia akan teralihkan dari
kebiasaan memegang alat kelaminnya. Kontak fisik yang menyiratkan kasih sayang
orangtua lebih efektif dalam menasihati anak daripada dilakukan secara tegas.

3. Ajak Bermain. Mengalihkan perhatian anak dengan memberinya mainan kesukaan
merupakan salah satu langkah efektif. Tentu saja orangtua perlu menemaninya
bermain agar ia tak mengulang kebiasaannya.

Yang Harus Dihindari!
Hindari beberapa kesalahan saat memperingatkan si kecil yang suka memegangi
kelaminnya.

1. Mempermalukan Anak. Mengejek atau memarahinya di depan orang lain agar anak
malu melakukannya justru tak akan membuat anak menghentikan kebiasaannya.
Bahkan, bisa membangun persepsi yang salah soal seks kepada anak.

2. Menampik Tangan Anak. Tanpa penjelasan verbal atau hanya menampik tangan
anak agar tak memegangi alat kelaminnya tak akan membuatnya mengerti letak
kesalahannya.

3. Memarahi dengan Emosi Tinggi. Ketika si kecil suka memegangi alat kelamin,
kebanyakan orangtua malu dan ingin menunjukkan superioritasnya dengan
memarahinya. Hal ini justru membuat pola komunikasi orangtua-anak menjadi rusak
dan tak tertutup kemungkinan anak akan bermasturbasi sembunyi-sembunyi.

sumber: kompas
Thanks,

*Mo Ngemil?? Ya KENNIE Crackers Aneka Rasa Ajjaa...Harga Rp.12500-Rp.15000,- *