From: Sylvia Radjawane <sylvia.radjaw...@gmail.com>
Date: Wed, 4 Aug 2010 13:24:40
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] Tnya obat demam
Hi mbak / mas "little 3049" :)

_Novalgin_  (metamizole) bisa dibilang mirip dengan obat2 dari jenis
ibuprofen, masuk kategori NSAID (Non-Steroidal Anti Inflammatory Drug) -
termasuk pain killer yang 'powerful'.  'Powerful' di sini sudah dijelaskan
oleh jeng Listi (aka jeng Gopina) sebelumnya.

Kalau baca sekilas dari _Wikipedia_ tentang Metamizole ini, khusus di bagian
'Availability around the world'.  http://en.wikipedia.org/wiki/Metamizole,
seperti yang sudah di-shared jeng Listi, sejak 1970 an produk obat
mengandung Metamizole ini sudah 'dibanned' di USA dan Swedia, diikuti 30
negara lainnya.  Beberapa negara di Eropa menggunakannya sebagai obat untuk
hewan dan harus dengan resep dokter.  Hanya di beberapa negara lain termasuk
negara2 berkembang yang tetap menggunakan _Novalgin_ sebagai OTC drugs (Over
The Counter alias obat bebas).

Yang unik, di Swedia, larangan terhadap Metamizole sempat dicabut tahun
1995, tapi kemudian diberlakukan kembali 4 tahun kemudian (tanya kenapa? ;))

Brazil, negara yang termasuk tidak melakukan 'ban' pada _Novalgin_ tetap
lebih merekomendasikan parasetamol dan jenis analgesik lainnya khususnya
untuk treatment pada anak.

Jadi mungkin setiap kali deal dengan demam, 2 step yang bisa dilakukan:
don't treat low grade fever dan mulai dengan jenis obat yang lebih 'ringan'
... and keep on observing :)
Toh semuanya adalah chemicals dan target 'obat penurun panas' ini sekadar
menyamankan kondisi penderita demam, bukan menyembuhkan.  Jenis parasetamol
yang lumrah dipakai pun tetap harus 'taat dosis' karena tetap punya side
effects :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

<deleted>

Kirim email ke