Hi mbak Puji,

Kalau memang kontraksi mbak kemarin benar2 hanya muncul pasca berhubungan
(bukan karena kombinasi yang lain: kelelahan, baru angkat barang yang berat,
stress, dll.), mungkin bisa dihentikan sementara kegiatan pasutrinya :)
Usia kandungan mbak sudah masuk trimester terakhir tetapi paling cepat
sekitar 5-6 mingguan lagi janin benar2 'siap' untuk dilahirkan.

Seperti yang tadi sudah di-shared jeng Lita & jeng Eva, hormon prostaglandin
dari sperma membuat serviks jadi lunak dan siap menuju tahap bukaan. Dan
respon serviks tiap ibu mungkin berbeda2 dengan hormon ini.  Mungkin ada
yang kasusnya seperti mbak Puji, serviksnya cepat 'ter-provokasi' dengan
hormon ini, tapi ada juga ibu hamil yang walau sudah di kamar bersalin dan
sudah diberi gel (prostaglandin sintetis) untuk induksi persalinannya nggak
juga mempan melunakkan mulut rahimnya :)  Jadi mungkin kalau memang tetap
mau ada agenda pasutri, usahakan agar hormon ini tidak terlalu banyak
ter-ekspos ke serviks mbak (wuih ... bahasanya, hehehe)

Point penting lagi, tetap cermati dan bedakan antara kontraksi 'palsu'
dengan kontraksi 'betulan'.  Kalau memang di waktu2 ini ngalamin kontraksi
yang makin kuat (makin sakit), makin lama berlangsungnya, atau makin dekat
jarak antar kontraksinya (apalagi ditambah tanda2 persalinan seperti flek
atau cairan (ketuban) - hubungi RS ya mbak, untuk antisipasi lebih lanjut.

Happy count-down the D day, mbak .. and take care :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke