Dear All, mungkin ada yang bisa sedikit sharring buat saya

Waktu hamil anak pertama(tahun 2005) kehamilan saya baru masuk bulan pertama,
jadi belum merasakan morning sick sehingga dalam sebulan Ramadhan saya hanya
meninggalkan 6 hari puasa karena muntah ditengah hari.

Sekarang dikehamilan kedua saya mengalami mual dan muntah yang cukup parah
(sekarang masuk 11 minggu). Klo dibandingkan dengan kehamilan sebelumnya,
sepertinya kehamilan yang sekarang lebih lemah fisiknya dari kemarin, tapi
secara psikis saya lbh siap.
Setiap hari +/- 2 kali saya muntah.
Mual-muntah semakin parah klo saya terlalu lapar (maaf : sering saya muntah
sampe perut saya benar2 kosong dimana semua makanan dan cairan keluar semua).

Klo saya baca dari beberapa sumber dapat saya simpulkan bahwa:

1. Ibu hamil/menyusui yang gak bisa berpuasa karena dirinya yang lemah maka ibu
tersebut disamakan dengan orang SAKIT, jadi ibu tersebut berkewajiban untuk
mengganti puasa yang ditinggalkannya tanpa harus membayar fidyah.

2. Ibu hamil/menyusui yang gak bisa berpuasa karena demi kepentingan anaknya
(anaknya bisa bermasalah klo ibunya berpuasa) maka ibu tersebut  tersebut
berkewajiban untuk mengganti puasa yang ditinggalkannya serta harus membayar
fidyah.

    Klo harus membayar puasa full +/- 60 hari (karena hamil dan menyusui)
apakah tidak memberatkan bagi si Ibu tersebut?

3. Ada juga Ibu hamil/menyusui yang gak bisa berpuasa karena demi kepentingan
anaknya (anaknya bisa bermasalah klo ibunya berpuasa) maka ibu tersebut
tersebut hanya berkewajiban membayar fidyah saja.

Mungkin ada yang bisa membantu saya.

Terima kasih
Yanti

Karena waktunya berpuasa sebentar lagi, maka dalam kesempatan ini saya mau
mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Batin.
Semoga amal ibadah kita dibulan Ramadhan yang suci diterima Allah SWT. Amin

<i>DISCLAIMER: <br>The information enclosed in this email (and any attachments)
may be legally <br>privileged and/or confidential and is intended only for the
use of the addressee(s). <br>No addressee should forward, print, copy, or
otherwise reproduce this message in any <br>manner that would allow it to be
viewed by any individual not originally listed <br>as a recipient. If the
reader of this message is not the intended recipient, you are hereby
copying <br>or the taking of any action in reliance on the information herein
is strictly prohibited. <br>If you have received this communication in error,
please immediately notify the sender <br>and delete this message. Unless it is
made by the authorized person,  any views expressed <br>in this message are
those of the individual sender and may not necessarily reflect <br>the views of
PT Bank Bukopin Tbk.