From: yesi <yesi.war...@gmail.com>
Date: Wed, 11 Aug 2010 12:35:30
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: [balita-anda] (Share)
Dear Parents,
Saya hanya mau sharing saja dari tulisan yang saya yang tulis di FB tentang
bagaimana saya mengajarkan anak2 saya di bulan puasa ini, siapa tahu
bermanfaat.

*Mengajarkan anak mengenal puasa sejak dini*

Di dalam sebuah keluarga, masing - masing mempunyai berbagai macam cara
untuk mengenalkan anak mengenai puasa di bulan Ramadhan, demikian di dalam
keluarga saya.

Sejak anak - anak masuk TK, kami sudah mengenalkan bagaimana menjalankan
ibadah puasa di bulan Ramadhan. Salah satu cara pengenalannya adalah dengan
membangunkan si kecil pada waktu sahur. Hal ini sudah saya lakukan 2 th yang
lalu, meski waktu lalu terkadang tidak kontinu, namun perbandingan saya
bangunkan dengan tidak, masih banyak dibangunkan.

Ketika bangun sahur, anak - anak juga tidak selamanya mau ikut makan
bersama. Awal - awal adalah mereka tetep tiduran di sofa, dengan mata melek
namun tidak makan, hanya minum susu. Bahkan terkadang mereka ketiduran di
sofa, namuna pada dasarnya mereka tahu orang tuanya sahur.

Setelah itu anak - anak akan tidur lagi, dan berpuasa hingga sekuatnya.
Terkadang jam 9 atau 10, bahkan sesekali jam 12. Baik si kakak maupun si
adek. Tidak lupa untuk ikutan dengerin mama or papanya baca Qur'an,
terkadang ikut tarawih berjamaah dengan kita meski kalau capek mereka akan
berhenti.

Peran orang tua sangat penting dalam mengajarkan atau mengenalkan mengenai
ibadah kepada anak. Syukurnya didukung dengan anak - anak bersekolah di
sekolah Islam, maka terkadang anak - anak itulah yang mengingatkan orang
tuanya jika kelupaan membaca doa ketika mau makan, ataupun tidur.

Alhamdulillah ini sudah tahun ketiga diterapkan di keluarga kami, dan di
hari pertama puasa ini, anak - anak ikut sahur. Si kakak mau makan, meski
musti disuapin dan adik hanya minum susu. Dan si kakak mau puasa sampai
siang katanya.

Semoga bisa selalu tetap semangat.

Salam Yesi

Kirim email ke