Dear Mira,

Kalau dulu sejak anak2ku bs duduk sendiri, aku sudah ajarin toilet training,
ya kalau mau lebih agak gede 1 th-an lah.
dan kita pakai dudukan tambahan yang bisa dibeli di baby shop, harganya dulu
sih 25rb, sekarang bisa jadi 45rban kali ya.
pilih yang ada gambarnya.

dan ketika di toilet, awalnya kasih mainan dulu, dan toliet dibuat terang
dengan gambar2 bebek atau binatang yg nempel. supaya anak tertarik.

tiap setelah minum, kita hitung, selang 2 jam kita ajak ke toilet, buat
dipipisin. Kadang anak cuman duduk aja gak pipis. GIliran keluar kamar mandi
eh malah ngompol. Hal ini gak papa, namanya proses pembelajaran.

Tiap beberapa waktu setelah minum, rajin bawa ke toilet dengan kurun waktu
tertentu dan konsiten. nanti lama2 anak2 akan ngerti dan terbiasa. usahakan
tidak memakai pampers lagi di rumah, kecuali kalau mau bepergian. kalau
bepergian juga, kita pipisin dulu, nanti di mall, jam tertentu kita pipisin
lagi.

Yang utama adalah konsistensi ya...semoga membantu.

Kirim email ke