mama haydar,

ini aku punya resep sop ikan & sop jagung susu kedelai : (kedelai ini bagus
banget lho untuk semua karena sarat gizi...)

salam,
mama Callis

Sup Ikan Kuah Bening

Bahan :
1 ekor kakap putih, berat 750 gram
1 sdm air jeruk nipis dan 1 sdt garam
1,5 liter air
3 batang serai, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
3 cm jahe, memarkan
5 lembar daun jeruk
2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
3 buah cabai merah besar, iris (jika suka)
8 butir bawang merah, iris
5 siung bawang putih, iris
3 buah tomat sayur, potong2
2 ikat daun kemangi
3 sdm air jeruk nipis

Cara membuat :
- Siangi ikan kakap putih, potong jadi 3 bagian, cuci bersih. Lumuri dengan
air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit. Cuci bersih lagi,
tiriskan.
- Didihkan air, masukkan serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, garam dan
merica.
- Setelah mendidihkan, masukkan ikan kakap putih, bawang merah, bawang
putih, cabai merah, masak hingga lunak.
- Masukkan air jeruk nipis, kemangi dan tomat, aduk rata, masak sebentar dan
angkat. Sajikan hangat.

Untuk 4 orang.

Sup Jagung Susu Kedelai

Bahan :
750 g jagung manis
500 ml kaldu/air + 1 kaldu blok
1 bawang bombay kecil
2 siung bawang putih, memarkan
1 batang seledri, ikat
1 wortel (50 g), potong bundar
50 g jamur merang, tiriskan
250 ml susu kedelai
1 sdt garam
1/4 sdt merica
sedikit gula
1 sdm tepung maizena, campur sedikit air

Cara Membuat :
- Sisihkan sebagian jagung, blender sisanya bersama kaldu sampai halus.
- Rebus jagung belnder bersama bawang bombay, bawang putih dan seledri
sampai mendidih. Kecilkan api, teruskan merebus selama 10 menit lagi.
- Masukkan jagung utuh, wortel dan jamur merang. Setelah wortel setengah
matang (2 menit), masukkan susu kedelai, garam, merica dan gula. Kentalkan
dengan larutan tepung maizena.